MAUMERE, FLORESPOS.net-Koalisi KOPI (Koalisi Orang Muda Peduli Iklim) Maumere mengadakan kegiatan Back to School di SDK Wairpelit, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, NTT.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2023 dan lanjutan dari bentuk kerja sama antara pihak sekolah SDK Wairpelit dengan KOPI Maumere.

Kegiatan ini mengusung tema “Baku Dukung untuk PRF: Pesta Raya Flobomoratas di Maumere”. Kegiatan ini diikuti oleh 31 peserta didik.

Kepala SDK Wairpelit Antonius Juli dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini memberikan dampak positif kepada perkembangan para peserta didik.

“Kegiatan yang kedua kalinya terjadi di sekolah ini. Beberapa bulan lalu, KOPI Maumere mengadakan kegiatan pertama kali dan pihak sekolah melihat kegiatan ini memberikan dampak positif bagi anak-anak peserta didik,” katanya.

“Kegiatan ini juga dapat masuk dalam kurikulum merdeka belajar yaitu P5. Anak-anak dapat dilibatkan secara aktif dalam setiap kegiatan. Pihak sekolah akan terus menerima dengan baik untuk kegiatan pengembangan peserta didik,” tambah dia.

Dalam kunjungan pertama, anak-anak peserta kegiatan mengadopsi anakan pohon dan bertanggung jawab untuk menjaga anakan tersebut.

Pada kegiatan Back to School ini selain kegiatan sharing cerita juga dilakukan kegiatan diskusi dan pemilihan Duta Pohon Koalisi Kopi Maumere.

“Untuk pemilihan Duta Pohon Koalisi Kopi Maumere ini peserta akan di seleksi lewat lomba menulis dan bercerita tentang pengalaman mereka menanam anakan. Anakan pohon yang diadopsi oleh peserta didik dan mereka bertanggung jawab untuk merawatnya,” kata Selvi Laka, Koordinator KOPI Maumere.

“Tentu saja ada beberapa kriteria yang telah disiapkan oleh para juri dan panitia. Kita berharap pemilihan Duta Pohon Koalisi KOPI Maumere ini dapat memotivasi anak-anak untuk lebih peduli terhadap alam dengan mulai menanam pohon,” katanya.

Berdasarkan penilaian para juri dari hasil lomba menulis cerita maka terpilihlah salah satu peserta didik kelas VI atas nama Nuantiago sebagai Duta Pohon Koalisi KOPI Maumere.

“Sebagai peserta didik yang terpilih menjadi duta pohon ini, saya mau jadikan ini sebagai motivasi untuk diri sendiri dan teman-teman agar terus peduli dengan lingkungan alam sekitar dengan cara menanam pohon,” ujar Selvi Laka.

Kegiatan Back to School ini menjadi rangkaian kegiatan yang dilakukan koalisi KOPI Maumere menjelang puncak Festival Pesta Raya Flobamoratas yang akan dilakukan di Kupang. *

Penulis: Maxi L. Sawung, Anggota Koalisi KOPI Maumere

Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *