ENDE, FLORESPOS.net-Realisasi penerimaan pendapatan pajak kendaraan di wilayah Kabupaten Ende Provinsi NTT hingga semester dua triwulan terakhir masih rendah atau belum melampaui setengah dari target yang ditetapkan oleh Dinas Pendapatan Daerah Provinsi NTT kepada UPT. Pendapatan Daerah Wilayah Ende.

Target yang diberikan kepada UPT. Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Ende pada tahun 2023 sebesar Rp36.171.131.148 sementara realisasi hingga saat ini sebesar Rp14.887.919.746 atau 41% dari target.

Kepala UPT. Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Ende, Dinas Pendapatan Daerah NTT, Abdulgani Rasyd Tokan ditemui Florespos.net, Senin (9/10/2023) megakaui, rendahnya realisasi pendapatan dari pajak kendaraan di wilayah Ende.

Dia mengatakan rendahnya realisasi pendapatan pajak kendaraan di wilayah Ende karena beberapa kendala yang dihadapi lapangan.

Kendala itu seperti masih rendahnya warga Ende khususnya pemilik kendaraan untuk membayar pajak.

Selain itu ada beberapa kendaraan yang sudah rusak berat, kendaraan yang tidak ditelusuri lagi, lakalantas, kendaraan plat luar yang belum mutasi dan tarikan diler.

“Kami tidak membela diri tetapi ini fakta yang kami alami di lapangan. Saya belum sebulan bertugas di sini dan data yang saya lihat seperti itu,” katanya.

Abdulgani mengatakan dengan rendahnya realisasi ini maka pihaknya akan memanfaatkan waktu sisa untuk menaikkan realisasi penerimaan.

Pihaknya turun ke lapangan melakukan pelayanan door to door dan dan pelayanan keliling di desa serta kecamatan.

Terkait dengan pelayanan door to door saat ini UPT. Pendapatan Daerah Ende telah menerjunkan dua tim di lapangan.

“Kami sudah turunkan dua tim di lapangan seperti di Kecamatan Ende Selatan jangkauannya 300 objek dan realisasi 65 objek. Sedangkan tim dua sudah menjangkau 200 objek dan realisasi mencapai 53 kendaraan,” katanya.

Dengan cara ini, kata Abdulgani pihaknya optimis bisa melampaui setengah dari target atau diatas 50% dari target yang ditetapkan.

“Kami manfaatkan waktu yang tersisa untuk melakukan pelayanan lapangan. Kami optimis capai 50% lebih diakhir tahun nanti,” katanya.

Menurut data yang diterima oleh UPT. Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Ende saat ini jumlah kendaraan di Kabupaten Ende sebanyak 37 ribu lebih.*

Penulis: Willy Aran/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *