FLORESPOS.net-Musim kemarau panjang dan cuaca yang kian terik membuat kulit dan tenggorokan terasa kering.

Agar tidak dehidrasi (kekurangan cairan), Anda perlu konsumsi banyak air minum dan buah-buahan segar.

Melansir detik.com, Kara Lydon selaku ahli gizi dan pemilik Kara Lydon Nutrition di Boston, Amerika Serikat mengatakan 20% asupan air justru datang dari makanan.

Sehingga pada cuaca panas yang menyengat ia lebih menyarankan untuk mengonsumsi sayuran hingga buah-buahan yang tinggi air.

Berikut ini 5 buah-buahan tinggi air menurut Everyday Health:

1. Semangka

Seluruh ahli gizi dan peneliti kesehatan sepakat bahwa semangka memiliki kandungan air yang dapat menyentuh angka 91%.

Semangka juga diperkaya dengan kandungan vitamin C tinggi sebanyak 26,3 miligram per satu juringnya.

Menurut Mayo Clinic, semangka juga memiliki kadar vitamin A yang dibutuhkan untuk mata dan kesehatan kulit. Kedua vitamin yang melengkapi nutrisinya membantu menjaga imunitas dan fungsi saraf.

Kimberlain, ahli gizi dari University of Michigan Health, juga menyebut semangka memiliki kadar potasium yang tinggi. Potasium memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh dan mencegah dehidrasi.

2. Strawberry

Warna strawberry yang cantik juga memiliki manfaat sebaik tampilannya. Buah strawberry dapat diandalkan sebagai asupan hidrasi sekaligus vitamin untuk memenuhi kebutuhan harian yang disarankan.

Komposisi buah strawberry diperkaya dengan 91% kandungan air dan nutrien lainnya. Strawberry berwarna merah merona dapat memberikan asupan 97,6 miligram vitamin C hanya dengan mengonsumsinya sebanyak 128 gram.

Pada sebuah penelitian sederhana, partisipan yang diberikan konsumsi 500 gram strawberry setiap hari selama sebulan mengalami penurunan kolesterol buruk dan trigliserida di dalam tubuhnya.

Salah satu cara yang menyenangkan untuk mengonsumsi buah ini adalah dengan memadukan bersama yogurt.

3. Melon

Tak kalah dengan semangka, melon juga memiliki kadar air yang tinggi dan juga beta karoten secara khusus pada melon yang berwarna oranye.

Rasanya yang manis dan kandungan air yang tinggi cocok untuk menyegarkan tubuh ketika cuaca sedang panas terik.

Menurut USDA, pada satu juring melon berukuran besar dapat memberikan asupan 1 gram serat dan 11 miligram vitamin C dengan kadar kalori hanya 39.

Kandungan beta karoten pada melon juga dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak vitamin A sehingga menjaga fungsi seluruh organ tubuh dengan maksimal.

Ada beberapa cara untuk menyantap melon. Mulai dari memakannya setelah diiris dalam kondisi segar maupun memotongnya lebih kecil dan menyampirkan pada salad hingga minuman.

4. Nanas

Identik dengan tokoh kartun Spongebob, nanas memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Sebanyak 85% asupan air bisa didapatkan melalui konsumsi buah nanas, ditambah dengan vitamin C dan serat yang tak kalah tinggi.

Hanya dengan mengonsumsi 128 gram nanas sebanyak 79 miligram vitamin C akan masuk ke dalam tubuh. Jumlahnya setara dengan 88% kebutuhan harian vitamin yang disarankan oleh USDA.

Ratusan tahun yang lalu buah nanas dipercaya oleh masyarakat Amerika Tengah dan Selatan untuk mengatasi keluhan pencernaan, menelan, hingga sinusitis.

Lydon, menyarankan nanas untuk dikonsumsi menjadi smoothie dan dicampur Greek yogurt atau alpukat agar nutrisinya lebih maksimal.

5. Jeruk

Murah dan mudah didapatkan. Jeruk berperan banyak dalam kehidupan manusia untuk menjaga kesehatan dalam berbagai situasi.

Saat cuaca panas, kamu juga dapat mengandalkan jeruk sebagai penolong. Konsumsi jeruk dengan kadar air 87% dapat membantu mencegah dehidrasi yang mengancam saat cuaca panas.

Mengonsumsi satu buah jeruk berukuran sedang juga bisa menambah asupan vitamin C sebanyak 97 miligram. Jeruk dapat diolah menjadi smoothie, jus, atau campuran minuman lain yang menyegarkan.

Tetapi para ahli berpendapat, jeruk lebih baik dikonsumsi dalam kondisi buah yang dikupas agar seratnya tidak hilang.

Itulah lima buah-buahan yang cocok dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. *

Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *