FLORESPOS.net-Daun sirih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tanaman herba ini secara turun-temurun telah digunakan sebagai obat tradisional untuk menangani sejumlah masalah kesehatan, salah satunya adalah mengatasi keputihan.

Melansir alodokter.com, berikut berbagai manfaat daun sirih;

1. Mengatasi Bau Mulut

Salah satu manfaat daun sirih yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, seperti mengatasi bau mulut.

Semua itu berkat zat antiseptik yang terkandung di dalam daun sirih. Oleh kana itu, jangan heran jika melihat banyak orang tua yang mengunyah daun sirih.

2. Mengatasi Sariawan

Selain mengatasi bau mulut, daun sirih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan.

Manfaat daun sirih ini didapatkan berkat kandungan vitamin C di dalam daun sirih sebagai antioksidan yang dapat menghilangkan kuman penyebab sariawan.

Untuk mengatasi sariawan, Anda dapat berkumur dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

3. Mengatasi Keputihan

Herba ini juga sudah lama dipercaya dapat mengatasi keputihan. Hal ini berkat kandungan senyawa antiseptik dalam daun sirih yang dalam membunuh bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Manfaat daun sirih ini juga telah didukung penelitian yang menunjukkan bahwa daun sirih efektif dalam membasmi Candida albicans penyebab infeksi jamur vagina.

Untuk mengatasi keputihan, basuhlah area vagina menggunakan air rebusan daun sirih.

4. Menghentikan Mimisan

Saat mimisan, tak sedikit masyarakat percaya bahwa menggulung dan menyumbatkan daun sirih ke lubang hidung dapat menghentikan perdarahan.

Manfaat daun sirih ini didapat berkat antioksidan tanin yang berpotensi mempercepat respons tubuh untuk membekukan darah dan menyembuhkan pembuluh darah dalam hidung yang terluka, sehingga mimisan berhenti.

5. Mengobati Batuk

Air rebusan daun sirih telah lama digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengobati batuk.

Manfaat ini didapat berkat sifat antibakteri dan antioksidan di dalam daun sirih yang dapat mengatasi peradangan penyebab batuk, sehingga batuk mereda.

6. Mengatasi gatal

Alergi, gigitan nyamuk, maupun infeksi jamur, seperti panu dan kutu air, bisa menyebabkan gatal.

Daun sirih bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gatal pada kulit berkat kandungan minyak atsiri di dalamnya yang memiliki sifat antibakteri.

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Tanaman herba ini dapat membantu proses penyembuhan luka berkat kandungan senyawa aktif di dalamnya, seperti saponin, tanin, flavonoid, dan alkaloid.

Sejumlah kandungan aktif tersebut dapat membuat tepi luka menyusut dan menutup, sehingga luka bisa lebih cepat sembuh.

8. Mencerahkan Wajah

Daun sirih juga bisa digunakan untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan flek hitam.

Manfaat ini didapat berkat senyawa aktif dalam daun sirih yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan enzim tirosinase. Enzim ini berperan dalam pembentukan zat warna alami tubuh (melanin).

9. Mengatasi Jerawat

Selain mencerahkan wajah, daun sirih juga dapat dijadikan solusi untuk kulit yang mudah berjerawat.

Manfaat daun sirih ini diperoleh berkat senyawa antibakteri di dalamnya yang diketahui mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu bakteri Propionibacterium acnes.

10. Mengobati Rheumatoid Arthritis

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih berpotensi untuk menyembuhkan rheumatoid arthristis.

Manfaat daun sirih satu ini ada berkat berbagai senyawa di dalamnya, seperti polifenol, flavonoid, tanin, dan alkaloid, yang bersifat sebagai antiradang.

Senyawa-senyawa tersebut bermanfaat untuk meredakan peradangan akibat penyakit rheumatoid arthritis.

11. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penelitian lain menunjukkan bahwa minum air rebusan daun sirih dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Manfaat daun sirih untuk diabetes ini diperoleh berkat senyawa tanin, flavonoid, dan alkaloid yang membantu regenerasi sel pankreas dalam menghasilkan insulin.

Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi air rebusan daun sirih hanya digunakan sebagai pengobatan pendamping diabetes, bukan sebagai pengobatan utama.

12. Mengobati Konjungtivitis

Manfaat daun sirih lainnya adalah sebagai obat untuk iritasi mata, salah satunya adalah konjungtivitis.

Manfaat ini didapat dari senyawa antibakteri di dalam daun sirih berupa fenol dan turunannya, seperti tanin, flavonoid, dan saponin.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antibakteri yang terkandung di dalam ekstrak daun sirih dapat membunuh bakteri penyebab konjungtivitis, khususnya bakteri staphylococcus.

Meski manfaat daun sirih sangat beragam, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas, keamanan, dan efek sampingnya.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih, umumnya daun sirih direbus. Lalu, air rebusannya diminum atau dibasuhkan pada area yang ingin diobati.

Selain itu, daun sirih juga bisa dipanaskan sebentar di atas api kecil sebelum ditempelkan atau dilumatkan lebih dulu sebelum dioleskan pada area yang ingin diobati.

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat daun sirih di atas sebagai pengobatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter guna memastikan efektivitas dan keamanannya untuk kondisi Anda. *

Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *