LABUAN BAJO, FLORESPOS.net-Yayasan Bambu Lestari bekerja sama dengan BambooCoop menggelar pelatihan pengawetan dan kondisi gudang bambu bagi sejumlah warga Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tujuannya untuk menyiapkan tenaga suplayer bambu.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Labuan Bajo ibu kota Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) NTT pada 28 September 2023 hingga 3 Oktober 2023.

Steven Jonathan Adu, Koordinator Tim Kabupaten Yayasan Bambu Lestari kepada media ini di Labuan Bajo, Selasa (3/10/2023), mengatakan, peserta pelatihan berasal dari 3 kabupaten di Flores.

Ketiga kabupaten tersebut yaitu dari Nagekeo dan Manggarai Timur (Matim) masing-masing 2 orang, dan sisanya asal Mabar.

Pelatihan dibiayai oleh Yayasan Bambu Lestari, namun ada pula yang dibiaya sendiri. Itu karena mereka merasa penting pelatihan tersebut.

Sebab dalam pelatihan banyak ilmu pengetahuan yang didapat peserta dari pemateri. Antara lain soal koperasi dan UMKM, kata Steven Jonathan Adu.

Yayasan Bambu Lestari ungkap Steven Jonathan Adu, berpusat di Renon Denpasar Bali. Wilayah kerja yayasan ini di Flores di 7 kabupaten, Mabar hingga Sikka. Khusus di Mabar, Yayasan ini hadir beberapa tahun lalu dan berkantor di Labuan Bajo.

Selain alasan pariwisata, pelatihan ini digelar di Labuan Bajo antara lain karena ibu kota Mabar itu salah satu hilir Flores. Daerah hilir antara lain Mabar dan Sikka. Juga mudah transportasi, ada pelabuhan laut, Bandar Udara dan lainnya.

Masih Steven Jonathan Adu, minat masyarakat Flores untuk mengikuti pelatihan dimaksud, tinggi. Itu dibuktikan dengan adanya peserta pelatihan yang dibiaya sendiri.

Potensi bambu Flores, lanjut Steven Jonathan Adu, banyak. Khusus di Mabar, hasil survei terbaru yayasan tersebut (Bambu Lestari) yakni 40 ribu rumpun.

Dukungan dari pemerintah terhadap kehadiran Yayasan Bambu Lestari juga luar biasa, termasuk Pemkab Mabar, tutup Steven Jonathan Adu. *

Penulis: Andre Durung/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *