LEWOLEBA, FLORESPOS.net-Anggota Komisi IV DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat kembali memberikan perhatian dan bantuan bagi para petani di wilayah Kabupaten Lembata, NTT.

Kali ini, bantuan yang diberikan berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) terdiri dari traktor roda empat (1 unit), traktor roda dua (2), pompa air (4), motor roda tiga (1), sejumlah handsprayer, dan UPPO satu unit.

Bantuan dari Anggota DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Julie Sutrisno Laiskodat ini diserahkan oleh Bendahara Partai Nasdem Kabupaten Lembata, Hiro Bokilia.

Penyerahan bantuan dilakukan di Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Lembata pada Selasa (3/9)2023).

Hadir pada saat penyerahan bantuan, yakni para ketua kelompok penerima, Kepala Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Pertanian (PSP) Jack Sumarjo, dan para penyuluh serta staf Dinas Pertanian Tanaman Pangan Lembata.

Kabid Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Pertanian Jack Sumarjo dalam sambutan mengatakan, bantuan aspirasi Anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat melalui Kementerian Pertanian dan di kabupaten ada pada Dinnas pertanian.

Menurut dia, untuk dapat menerima bantuan tersebut, prosesnya cukup panjang. Pertama, dilakukan identifikasi calon penerima dan calon lokasi (CPCL).

Proses identifikasi ini kolaborasi dinas dan pengurus Partai NasDem Lembata. Setelah CPCL ditetapkan dan diusulkan anggota DPR RI ke Kementerian Pertanian, lalu dibuatkan SK kelompok penerima.

“Jadi tidak serta merta terima dan selesai. Setelah SK siap, kirim ke Kementan untuk proses lelang untuk pengadaan,” kata Jack Sumarjo.

Pada tahun ini, kata Jack Sumarjo, Kabupaten Lembata banyak mendapatkan bantuan.

Dia merincikan, bantuan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) senilai Rp200 juta di Omesuri, jalan usaha tani (JUT) senilai Rp100 juta di Labalimut, rehabilitasi jaringan irigasi Waikomo.

Selain itu jelasnya terdapat bantuan alsintan berupa traktor roda empat (1 unit), traktor roda dua (2), pompa air (4), motor roda tiga (1), dan sejumlah handsprayer.

Dia mengatakan, dinas akan terus memantau dan akan meminta foto laporan penggunaan alat dan akan turun monitoring dan evaluasi (monef) lapangan.

“Tidak boleh dipindahtangankan kepada siapa pun. Karena ada yang datang terima ketua pulang bilang milik pribadi. Ini milik kelompok pakai sama-sama. Rawat dan jaga,” kata Jack Sumarjo.

Bendahara DPD Partai Nasdem Lembata Hiero Bokilia di hadapan penerima mengharapkan bantuan Alsintan yang telah diperjuangkan Julie Sutrisno Laiskodat dapat dimanfaatkan secara baik untuk meningkatkan produksi pertanian.

“Jangan sampai sebelum ada bantuan Alsintan produksi dua tiga karung lalu setelah dapat Alsintan hasilnya masih tetap sama. Minimal ada peningkatan,” katanya.

Hiro Bokilia juga mengharapkan, para ketua dan anggota kelompok penerima bantuan selalu mengingat perjuangan Anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat dalam mendatangkan bantuan dimaksud dan terus memberikan dukungan.

Ketua Kelompok Tani Tore Erung Wilhelmus Leu, penerima bantuan traktor roda empat menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat atas perjuangan dan bantuan kepada petani di Kabupaten Lembata.

“Bantuan Ibu Julie jadi inspirasi bagi kami dan kelompok tani untuk terus memberikan dukungan kepada Bunda Julie,” katanya.

Wilhelmus Leu berjanji, akan memanfaatkan traktor bantuan secara baik untuk meningkatkan hasil pertanian ke depan. *

Penulis: Maxi Gantung / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *