FLORESPOS.net-Pisang mudah ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia, apalagi di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pisang tidak hanya memiliki rasa yang manis. Tapi juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Adapun kandungan nutrisi dalam buah pisang meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, serta mineral, seperti kalium, dan magnesium.

Dikutip dari alodokter.com, ada banyak manfaat pisang bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Sebagai Sumber Energi

Pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Di dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27 gram karbohidrat.

Di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

Karbohidrat juga dapat diubah menjadi glikogen, yaitu salah satu bentuk glukosa yang disimpan di otot serta hati dan digunakan sebagai energi selama beraktivitas.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Kandungan kalium di dalam pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke.

3. Mencegah Kerusakan Sel dan Jaringan Tubuh

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Ginjal

Tak hanya baik untuk kesehatan jantung, kandungan kalium di dalam pisang juga berfungsi untuk mencegah penyakit batu ginjal.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang selalu terpenuhi asupan kaliumnya, memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

5. Mengurangi Mual Saat Hamil

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil, sedangkan kandungan kaliumnya dapat mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah. Hal inilah yang menjadikan pisang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

6. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran cerna.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa probiotik dapat mengatasi diare yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit, maupun reaksi tubuh akibat konsumsi antibiotik.

Di samping menyehatkan saluran pencernaan dan menjadi salah satu pilihan buah untuk sakit tipes, pisang mengandung serat yang dapat mencegah sembelit dan kanker usus besar. Pisang juga menjadi salah satu pilihan buah yang aman untuk asam lambung karena termasuk rendah asam.

7. Menurunkan Berat Badan

Pisang dikenal sebagai buah yang tinggi serat. Kandungan serat di dalamnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan, sehingga Anda pun tidak makan secara berlebihan.

Inilah yang menjadi alasan mengapa pisang baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

8. Meredakan Tukak Lambung

Pisang dapat memicu peningkatkan lendir di lambung, sehingga dapat meredakan atau mencegah tukak lambung.

Pisang juga berperan sebagai antasida alami yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung, sehingga bisa mengatasi nyeri akibat maag. *

Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *