FLORESPOS.net-Selain ditanam di sela-sela tanaman seperti jagung, padi, sorgum dan umbi-umbian, di wilayah NTT, kacang tanah juga sudah ditanam oleh para petani secara besar-besaran di ladang.

Karenanya, kacang tanah atau Arachis Hypogaea sebenarnya lebih tepat masuk dalam kelompok legum atau polong-polongan ini tentu tidak sulit ditemui.

Selain di tanam untuk dijual, kacang tanah perlu dikonsumsi karena mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita karena padat nutrisi.

Manfaat kacang tanah sebagaimana dikutip dari alodokter.com, adalah sebagai sumber protein dan lemak sehat.

Manfaat ini diperlukan terutama saat seseorang sedang menjalani diet penurunan berat badan.

Selain itu, lemak sehat di dalamnya juga diketahui bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung jika diolah dengan cara yang tepat.

Kandungan Nutrisi Kacang Tanah

Manfaat kacang tanah tidak hanya karena kandungan lemak sehatnya saja, tetapi juga karena sejumlah nutrisi lain.

Dalam setiap 100 gram kacang tanah kering yang dipanggang, terdapat 525 kalori dan sejumlah kandungan nutrisi berikut: 42,7 gram lemak, 27,9 gram protein, 17,4 gram karbohidrat, 2,4 gram serat, 466 miligram kalium, 456 miligram fosfor 316 miligram kalsium, 31 miligram natrium dan 5,7 miligram zat besi.

Selain itu, manfaat kacang tanah juga didapat dari kandungan nutrisi lain, seperti zat tembaga, seng, magnesium, karoten, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), vitamin E, dan antioksidan.

Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang tanah yang bisa diperoleh jika mengonsumsinya secara rutin:

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat kacang tanah yang pertama adalah menurunkan kadar kolesterol. Kacang tanah mengandung serat dan lemak baik, termasuk omega 3 yang bisa membantu menurunkan kolesterol, serta lemak jahat di dalam darah.

Selain itu, kacang tanah juga menjadi sumber L-Arginine yang dikaitkan dengan efek penurunan tekanan darah, menurunkan kolesterol, hingga menjaga kesehatan pembuluh darah.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Saat kadar kolesterol terlalu tinggi, risiko terbentuknya plak di pembuluh darah yang lama kelamaan akan menyebabkan kekakuan dan penyumbatan pembuluh darah, termasuk di jantung, juga ikut meningkat. Hal inilah yang berisiko menyebabkan serangan jantung.

Nah, manfaat kacang tanah dalam mencegah penyakit jantung masih berkaitan dengan khasiatnya untuk menurunkan kadar kolesterol.

Dengan menurunnya kadar kolesterol, maka risiko terjadinya sumbatan di pembuluh darah jantung yang berakibat serangan jantung juga bisa menurun.

Tidak hanya karena lemak sehat, manfaat kacang tanah untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung juga diperoleh dari kandungan polifenol di dalamnya yang bersifat antioksidan dan L-argine yang punya efek menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan pembuluh darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki kebiasaan ngemil dan bingung memilih camilan sehat yang dapat dikonsumsi saat diet, coba makan kacang tanah. Selama ini kacang tanah dianggap berkalori tinggi sehingga dapat menggagalkan diet.

Padahal, jika dikonsumsi dalam batas wajar, kacang tanah dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat kacang tanah ini didapatkan dari kandungan protein dan serat yang tinggi di dalamnya.

Kandungan protein dan serat pada kacang tanah dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan menurunkan keinginan untuk mengonsumsi camilan lain yang tidak sehat.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Kacang tanah juga punya manfaat yang sangat besar bagi kesehatan otak. Kacang tanah terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak berkat kandungan antioksidan, khususnya polifenol.

Bahkan, kandungan vitamin B dan E dalam kacang tanah diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit Alzheimer hingga 70%.

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat kacang tanah untuk menurunkan risiko terjadinya diabetes telah dibuktikan oleh berbagai penelitian.

Kacang tanah merupakan jenis makanan dengan indeks glikemik rendah sehingga konsumsinya tidak akan menimbulkan lonjakan gula darah.

Selain itu, kandungan magnesium dan lemak baik dalam kacang tanah dapat membantu mengontrol gula darah dan mengatur hormone insulin untuk bekerja secara optimal.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Imun

Kacang tanah merupakan sumber protein nabati. Protein merupakan nutrisi makro yang berperan penting dalam produksi sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya dari protein, manfaat kacang tanah dalam menjaga kesehatan sistem imun juga berasal dari kandungan antioksidan dan serat di dalamnya, yang berperan dalam mengurangi peradangan.

Serat merupakan makanan untuk bakteri baik. Nah, jumlah bakteri baik yang seimbang ternyata juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, jika muncul reaksi peradangan, tubuh bisa lebih siap untuk meredakannya.

7. Mencegah Sembelit

Serat dalam kacang tanah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kandungan serat larut (soluble fiber) pada kacang tanah dapat melunaknya tinja sehingga lebih mudah dikeluarkan dan mencegah sembelit.

Selain itu, tercukupinya kebutuhan serat yang merupakan prebiotik atau makanan bagi bakteri baik yang ada di dalam usus, juga akan membantu proses pencernaan dan pengeluaran tinja.

8. Menurunkan Risiko Terjadinya Kanker Kolorektal

Kacang tanah disinyalir bisa menurunkan risiko terjadinya kanker kolorektal. Hal ini diyakini berkat kandungan antioksidan, antiperadangan, dan efeknya dalam meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas dan kepastian dari manfaat kacang satu ini.

9. Mencegah Batu Empedu

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang tanah secara rutin dapat mencegah terbentuknya batu empedu.

Batu empedu berasal dari endapan kolesterol yang mengeras. Nah, lemak tak jenuh pada kacang tanah diduga dapat menghambat pembentukan batu empedu.

10. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Manfaat kacang tanah lainnya adalah meningkatkan kekuatan tulang. Hal ini berasal dari kandungan protein, kalsium, dan fosfor dalam kacang tanah, yang dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

11. Mencegah Katarak

Kacang tanah dapat membantu memelihara kesehatan mata, terutama pada orang lanjut usia.

Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam kacang tanah dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit katarak dan kelainan pada mata, seperti degenerasi makula.

Meski memberikan beragam manfaat, Anda disarankan tetap berhati-hati dalam mengonsumsi kacang tanah. Hal ini karena kacang tanah termasuk jenis makanan yang sering memicu alergi pada sebagian orang.

Jika setelah makan kacang, muncul gejala alergi tertentu, misalnya gatal-gatal, sesak napas, wajah atau area mata membengkak, segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan. *

Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *