ENDE, FLORESPOS.net-Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) Aembonga Kelurahan Mbongawani, Kecamatan Ende Selatan, Kabupaten Ende, Provinsi NTT, terpilih menjadi Satkamling terbaik di wilayah Polda NTT.

Atas prestasi itu, Satkamling Aembonga mendapatkan piagam penghargaan tingkat nasional dari Mabes Polri.

Piagam penghargaan itu telah diserahkan oleh Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni kepada perwakilan dari Satkamling Aembonga saat upacara di halaman Mapolres Ende, Senin (2/10/2023) sore.

Kapolres Ende, AKBP I Gede Ngurah Joni mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Satuan Binmas Polres Ende serta seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan lomba Satkamling Tingkat Polda NTT.

“Kita semua bangga karena Satkamling Aembonga mendapatkan penghargaan dari tingkat nasional. Satkamling Aembonga terbaik di NTT dan mendapatkan penghargaan secara nasional,” kata Kapolres.

Menurut Kapolres penghargaan ini diberikan setelah ada perlombaan Satkamling pada hari Bhayangkara lalu. Satkamling Aembonga dipilih sebagai Satkamling terbaik di Ende dan mengikuti lomba di tingkat Polda NTT.

Saat lomba di Polda NTT, Satkamling Aembonga masuk kategori terbaik bersama dua Satkamling lainnya di wilayah hukum Polda NTT.

Tiga Satkamling itu dikirim ke Mabes Polri dan mengikuti lomba di tingkat nasional. Hasil lomba akhirnya Mabes Polri memilih Aembonga sebagai yang terbaik di NTT.

Satkamling Aembonga dipilih sebagai Satkamling terbaik karena ada struktur organisasi yang jelas, pembagian jadwal piket, ada ronda malam dan kebutuhan di Poskamling itu ditanggung oleh warga setempat.

Kapolres mengatakan apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat Revitalisasi Satkamling.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” katanya.

Kapolres mengatakan, Satkamling adalah garda terdepan disetiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan dan Desa.

Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

“Terus lakukan perbaikan dan tingkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat semakin menggelorakan dan menumbuhkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara kamtibmas dari lingkungan,” kata Kapolres. *

Penulis: Willy Aran / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *