FLORESPOS.net-Sorgum, tanaman yang satu ini tidak asing bagi masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Karena memang tanaman ini tumbuh begitu subur, apalagi di wilayah Kabupaten Flores Timur, Pulau Flores.

Pada biji-bijian sorgum sangat banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung ragam nutris yang sangat baik bagi tubuh.

Sorgum juga bisa menjadi pengganti nasi, karena bisa dimasak atau direbus seperti beras atau quinoa.

Dalam sorgum mengandung nutrisi, yakni 100 gram sorgum mentah terdapat sekitar 330 kalori dan nutrisi penting lain seperti 11 gram protein, 3 gram lemak, 72 gram karbohidrat, 7 gram serat.

Dalam sorgum juga terdapat vitamin B1, piridoksin, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, selenium, dan zinc.

Selain itu juga terdapat senyawa fenolik, flavonoid, dan tanin yang berperan sebagai antioksidan.

Manfaat Sorgum bagi Kesehatan Tubuh

Dikutip dari alodokter.com, ada banyak manfaat sorgum bagi tubuh, yaitu:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Sorgum bisa menjadi salah satu pilihan alternatif pengganti nasi yang baik untuk menjaga berat badan.

Ini karena sorgum termasuk makanan tinggi protein dan serat, sehingga bisa menekan nafsu makan berlebih.

Selain itu, sorgum juga mengandung pati, jenis karbohidrat yang sulit dicerna oleh tubuh sehingga bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kelompok orang yang rutin mengonsumsi sorgum cenderung memiliki lemak tubuh lebih sedikit daripada orang yang mengonsumsi gandum.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Mengganti pasta dan nasi dengan biji-bijian seperti sorgum juga bisa meningkatkan asupan kalium dan menurunkan asupan natrium dalam tubuh, sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Oleh karena itu, sorgum sangat cocok dikonsumsi sehari-hari, terutama bagi Anda yang menderita hipertensi atau berisiko tinggi terkena hipertensi.

3. Mengurangi Risiko Terjadinya Penyakit Kardiovaskular

Sorgum juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan antioksidan, serat, dan mineral seperti magnesium.

Menerapkan pola makan sehat yang tinggi serat dan magnesium dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Ditambah lagi, nutrisi ini juga baik untuk menjaga tekanan darah. Inilah mengapa sorgum bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Berbagai penelitian juga menyatakan bahwa kadar magnesium yang rendah dalam darah dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat sorgum dalam melawan sel kanker diketahui berasal dari kandungan senyawa fenolik di dalamnya yang memiliki efek antioksidan dan antikanker.

Senyawa ini diduga bisa menghambat perkembangan sel kanker. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Sorgum umumnya aman dikonsumsi tanpa memberikan efek samping atau reaksi alergi. Bahkan, bagi orang yang alergi gandum pun bisa menikmati sorgum.

Selain itu, orang yang menghindari asupan gluten, misalnya penderita penyakit celiac atau intoleransi gulten, juga bisa mengonsumsi sorgum.

Sorgum juga bisa menjadi makanan pokok pengganti nasi yang aman untuk penderita prediabetes atau diabetes karena memiliki indeks glikemik rendah.

Agar lebih aman lagi, bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi sorgum secara rutin. Dokter bisa membantu menentukan jumlah asupan sorgum yang tepat dan sesuai kondisi kesehatan Anda. *

Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *