BAJAWA, FLORESPOS.net-Sekelompok orang muda Kabupaten Ngada, NTT, siap menyukseskan turnamen sepakbola Suratin Cup U-17 tahun 2023 yang digelar di Bajawa pada tanggal 27 Oktober 2023 nanti.

Sekelompok anak muda ini tergabung dalam NGADApicture. Salah satu dukungan untuk sukseskan, yakni melakukan siaran langsung (live streaming) selama turnamen sepak bola Suratin Cup U-17 tahun 2023.

Nano Riberu, Manajer NGADApicture kepada Florespos.net, Sabtu (30/9/2023) mengatakan, NGADApicture dipercayakan Pemerintah Kabupaten Ngada melalui Dinas Kominfo dan Panitia untuk selenggarakan siaran langsung.

Demi siaran langsung itu berjalan baik, NGADApicture akan menurunkan 3 tim teknis, yaitu kameraman, koordinasi dan tim ruang kontrol.

Tim kameraman, akan ditempatkan 6 sampai 8 titik kamera agar dapat mendapatkan gambar semaksimal mungkin saat jalannya pertandingan.

Tim ruang kontrol mengolah hasil dari tim kameraman untuk diproses dalam suatu sistem dan program yang tergabung dari  beberapa peralatan seperti switcher video input, unit kontrol title, unit virtual set, unit replay, unit server sekaligus jaringan network, unit streaming dan bahkan unit kontrol VAR.

“Khusus VAR ini kami hanya sebatas menyiapkan fasilitas, nantinya tetap menjadi keputusan oleh tim pertandingan dan tim wasit, karena untuk sementara mungkin belum bisa diterapkan terutama di persepakbolaan NTT, mengingat alur dan mekanismenya bisa menjadi sesuatu yang kontroversi,” ungkapnya.

Sementara tim koordinasi, kata dia, menjadi penghubung antara tim kameraman dan tim ruang kontrol.

Tim ini mengumpulkan data dan menginformasikan tim operator ruang kontrol atau ke tim lapangan terkait hal-hal yang dibutuhkan saat sebelum pertandingan sampai setelah pertandingan.

“Sistem kerja yang dibangun adalah multisistem. Kami akan bekerja dalam satu tim dengan jumlah anggota hampir mencapai 25 orang,” kata Nano Riberu.

Nano Riberu mengatakan, peralatan yang digunakan mengikuti standar yang direkomendasikan dalam broadcast dan memaksimalkan kualitas gambar yang jernih serta resolusi yang tinggi HD, FullHD, UHD maupun 4K.

“Tim pendukung lainnya, yakni crew belakang layar, mereka akan bekerja maksimal terkait hal-hal teknis lapangan, seperti listrik, jaringan internet, jalur kabel, instalasi ruang kontrol, posisi penempatan kamera, dan hal lainnya agar sebisa mungkin tidak terjadi hambatan saat event suratin nanti,” katanya.

Nano Riberu mengatakan, dari segi pengalaman, NGADApicture sudah bergerak dalam dunia foto maupun video grafis sejak 2009.

Saat ETMC 2009 lalu di Kabupaten Ngada, pihaknya yang mendokumentasikan babak final antara Kabupaten Flotim dan Kabupaten Manggarai Timur.

“Waktu itu, kami gunakan sumber daya seadanya dengan jumlah kamera 3 buah dan mode perekamannya masih menggunakan kaset miniDV. Jumlah kameraman saat itu 3 orang,” kata Nano Riberu.

“Namun saat itu kami belum mengenal sistem live youtube karena juga keterbatasan sarana dan teknologi. Dan kami memulai kegiatan liputan dengan menggunakan sistem live stream youtube pada tahun 2017. Saat itu, kami mulai mencobanya saat kegiatan religi di gereja St. Yosef Bajawa,” tambahnya.

Nano Riberu mengatakan, dalam kaitannya dengan Suratin Cup U-17 Tahun 2023 di Kabupaten Ngada akun streamingnya pihaknya menggunakan akun resmi melalui Kominfo Ngada sebagai pemegang hak siar.

“Kami rekanan dalam tim kerja Kominfo. Bila kami mampu membeli event ini maka pasti NP yang memiliki hak siar. Tetapi kali ini kami hanya menjual jasa dan bekerja bersama di bawah Kominfo Ngada,” sambungnya.

Kata Nano Riberu, pihaknya komit bekerjasama dan menyukseskan Suratin Cup 2023 pada Oktober nanti demi membawa nama Kabupaten Ngada ke dunia luar. *

Penulis: Wim de Rozari / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *