LABUAN BAJO, FLORESPOS.net – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tingkat Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur (NTT) menunggu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mabar di Dewan setempat di Labuan Bajo terkait anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mabar Tahun 2024.

Darius Angkur, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Mabar yang juga Wakil Ketua I DPRD Mabar tegaskan itu menanggapi media ini di Labuan Bajo baru-baru ini tersangkut anggaran Pilkada serentak 2024 tingkat Mabar.

Angkur yang diteman Ketua Fraksi PDIP DPRD Mabar Robertus Loymans dan Ketua Fraksi PKS Dewan setempat, Andi Mama, mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui total anggaran Pemilihan Bupati (Pilbup)/Pilkada Mabar 2024, karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar/KPU Mabar belum menyampaikan itu kepada DPRD Mabar, baik secara formal maupun informal melalu diskusi- diskusi.

Penting hal itu disampaikan kepada DPRD Mabar, karena hak budged ada di Dewan. Mungkin terkait ini,  baiknya juga disampaikan kepada dewan pada pembahasan APBD Perubahan (Mabar) 2023 yang sampai saat ini dokumennya belum juga disampaikan ke DPRD Mabar oleh Pemkab Mabar, kecuali terkait APBD induk 2024.

“Baiknya juga disampaikan  pada pembasan APBD Perubahan ini (2023) soal anggaran Pilkada Mabar tahun depan (2024),” sambung Loymans.

Angkur mengungkapkan, pihaknya tidak akan serta merta menyetujui anggaran yang diusulkan/diajukan Pemkab/KPU Mabar tentang anggaran Pilkada Mabar 2023.

KPU mesti memapar, memberi argumentasi kuat di DPRD secara kelembagaan soal anggaran dimaksud. Setelah itu baru dewan memutuskan.

“Kita tunggu KPU (Mabar) di Dewan (DPRD Mabar) soal anggaran Pikada,” ujar Angkur.

Apala lagi, lanjut Angkur, Pilbup Mabar bersamaan dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTT. Tentu ada subsidi biaya dari KPU Provinsi NTT, karena Pilbup Mabar dan Pilgub NTT dilaksanakan bersamaan. Itu semua masuk kamus Pilkada serentak Indonesia 2024.

Andi Mama, di kesempatan menyatakan sependapat dengan PDIP sehubungan dengan anggaran biaya Pilbup/Pilkada Tahun 2024 mendatang.

Diberitakan media ini sebelumnya, Anggaran Pilkada terbatas, KPU Manggarai Barat Akan Pangkas TPS, Wabup Weng berharap KPU bijaksana. *

Penulis: Andre Durung/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *