JAKARTA, FLORESPOS.net-Manfaat protein bagi tubuh amat banyak. Selain dapat mengurangi lemak tubuh, mengasup protein juga dapat mendorong metabolisme dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Sebagaimana dikutip dari detik.com, protein termasuk zat gizi makro yang perlu dicukupi kebutuhan hariannya. Mengutip Halodoc, kebutuhan protein seseorang berbeda-beda, sesuai jenis kelamin dan usianya.

Untuk laki-laki usia 30-49 tahun, misalnya, membutuhkan 65 gram protein. Sementara wanita di usia yang sama membutuhkan 60 gram protein.

Cara lain untuk menentukan kebutuhan protein bisa mengacu pada panduan Recommended Dietary Allowance (RDA).

Orang dewasa mayoritas membutuhkan 0,8 gram protein per kilogram (kg) berat badan. Misal berat badan 60 kg, maka kebutuhan proteinnya berarti 48 gram.

Mencukupi kebutuhan protein dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Seperti dilansir dari Eat This, Not That! (16/9/2023), berikut manfaatnya:

1. Kurangi Ngidam Makanan

Bagi yang sering ngidam makanan bisa coba mengonsumsi protein sebab protein memiliki efek pada hormon pengatur rasa lapar, terutama ghrelin dan peptida (PYY).

“Ghrelin bantu menekan sinyal lapar dan PYY terbukti mengurangi asupan makanan dan meningkatkan pengeluaran energi,” kata ahli gizi Megan Hilbert.

Kombinasi ini ampuh dalam mencegah seseorang dari sering ngidam makanan.

2. Bantu Membangun Otot

Di kalangan pencinta olahraga, protein terkenal dengan fungsinya mendukung pembentukan otot. Membangun otot merupakan kunci untuk menjadi lebih kuat.

“Protein memainkan peran penting dalam membangun dan memelihara otot melalui proses yang disebut sintesis protein otot (MPS),” kata ahli gizi Jordan Hill.

Dengan memadukan asupan protein yang tepat bersama olahraga dan waktu makan yang pas, dapat mengoptimalkan proses sintesis protein.

Hal ini juga berkontribusi pada pengembangan otot seseorang serta kekuatan tubuhnya secara menyeluruh.

3. Mendorong Metabolisme

Banyak orang membicarakan pentingnya mendorong metabolisme tubuh. Artinya adalah meningkatkan kecepatan tubuh dalam membakar kalori atau mengeluarkan energi. Manfaatnya banyak seperti mendukung manajemen berat badan hingga pengendalian gula darah.

Hill menjelaskan, “Protein dapat berkontribusi pada peningkatan metabolisme melalui efek termal makanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, dan perannya dalam pemeliharaan otot.”

Artinya, jika kamu mengonsumsi cukup protein, maka tubuh dapat membakar lebih banyak kalori sekalipun dalam kondisi istirahat. Ini menandakan adanya peningkatan metabolism.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Di tengah polusi udara buruk, kamu perlu meningkatkan imunitas tubuh agar kesehatan terjaga. Salah satu caranya dengan mengonsumsi protein.

Hilbert menuturkan, “Protein adalah unsur penting dalam respons imun tubuh, seperti sel T, sel B, dan antibodi yang mengenali sel-sel berbahaya dan membunuhnya sebelum sel-sel tersebut mulai menginfeksi tubuh.”

Ia menambahkan, protein juga meningkatkan sintesis glutathione, antioksidan penting dalam mencegah stress pada sistem kekebalan tubuh.

Faktanya, kekurangan glutathione dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih tinggi seperti kondisi autoimun dan kanker, menurut laporan tahun 2014 di Integrative Medicine.

5. Menyehatkan Usus

Tak serat dan probiotik, cukup konsumsi protein juga bermanfaat menyehatkan usus.

“Protein adalah bahan pembangun lapisan usus kita, termasuk vili dan mikrovili, yang menyerap nutrisi dari makanan kita dan meningkatkan status nutrisi yang tepat,” kata Hilbert.

Dengan kesehatan usus yang terjaga, tak hanya pencernaan yang lancar, tapi juga berdampak pada metabolisme, kesehatan kulit, dan kesehatan otak yang lebih baik.

6. Kunci Kulit Sehat

Mencukupi kebutuhan zat gizi makro ini dapat membantu produksi kolagen, penyembuhan luka yang lebih cepat, dan perbaikan struktur kulit.

Kolagen adalah protein pada kulit yang punya peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan kaya protein juga dapat membuat tubuh mendapatkan asam amino yang diperlukan untuk sintesis kolagen.

7. Menguatkan Tulang

Selain menyehatkan kulit, kolagen juga mendukung kesehatan skeleton.

“Kolagen adalah protein utama di tulang Anda yang memberikan dukungan struktural dan fleksibilitas tulang,” kata Hill.

Dengan mengasup protein jenis kolagen yang cukup, maka kekuatan tulang dapat terjaga dan mencegah patah tulang. Tak hanya itu, asupan protein juga bisa memengaruhi penyerapan kalsium dalam tubuh.

“Saat Anda mengonsumsi makanan kaya protein, makanan tersebut dapat meningkatkan penyerapan kalsium, mineral penting untuk kesehatan tulang,” katanya. *

Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *