ENDE, FLORESPOS.net-Anggota Komisi IV DPR RI, Julie Laiskodat terus mendorong dan mendukung masyarakat untuk membangun ketahanan pangan di wilayahnya masing-masing.

Salah satu bentuk dukungan Julie Laiskodat itu seperti memberikan bantuan peralatan pertanian, perkebunan dan alat tangkap kepada nelayan.

Srikandi dari Partai Nasdem ini juga memberikan bantuan benih dan penguataan kapasitas petani.

Salah satu kegiatan itu adalah bekerjasama dengan Kementerian Pertanian memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada petani Ende yang dilaksanakan di Aula Hotel Flores Mandiri, Selasa (26/9/2023).

Pada kegiatan Bimtek program Pekarangan Pangan Lestari (P2L), Julie Laiskodat mendorong Ibu-ibu di Ende mengoptimalkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman hortikultra untuk mendukung ketahanan pangan dari rumah.

“Kita harus manfaatkan pekarangan rumah untuk tanam cabe, kunyit, tomat dan tanaman holtikultura lainnya. Ini tujuan untuk mengurangi uang ke pasar dan menjaga ketahanan pangan dari rumah masing- masing,” katanya.

Untuk mendukung program ini, kata mantan Ketua TP PKK Provinsi NTT ini, dia akan distribusikan bibit holtikultura kepada masyarakat.

Secara keseluruhan di Flores ada 20 ribu bibit yang sudah disiapkan dan Ende mendapatkan sebanyak lima ratus lebih bibit.

“Saya mendukung program ini dan memberikan bibit kepad mama- mama. Kita harus manfaatkan pekarangan rumah untuk jaga ketahanan pangan,” kata Julie.

Julie Laiskodat juga mengatakan bahwa perempuan Flores- NTT itu sangat tangguh maka bekerja seperti ini adalah hal yang biasa.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Ende, Erikos Emanuel Rede mengatakan, Julie Laiskodat sangat konsen mendukung petani dan nelayan di Flores.

Bentuk dukungan itu memberikan dukungan dalam bentuk bantuan yang dirasakan oleh masyarakat khususnya petani dan nelayan.

“Kaka Julie bukan datang saat musim politik seperti ini tetapi sudah datang sejak dulu menyapa masyarakat di kampung dan memberikan bantuan kepada masyarakat,” katanya.

Wabup Erik juga berharap masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk mendukung keberhasilan pembangunan ketahanan pangan di Ende.

Bimtek ini diselenggarakan Kementerian Pertanian melalui Dirjen Holtikultura, Kementerian Pertanian dan Anggota Komisi IV DPR RI, Julie Laiskodat. *

Penulis: Willy Aran / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *