JAKARTA, FLORESPOS.net-Dr. Andreas Hugo Pareira, Anggota Komisi X DPR RI 2019-2024 yang membidangi Pendidikan,Kebudayaan,Ristek, Pariwisata, Ekraf, Pemuda Olahraga, dan Perpusnas memamparkan materi tentang kampus Merdeka dengan tema Politik sebagai profesi kepada mahasiswa magang, Senin (25/9/2023).

Dr. Andreas Hugo Pareira Anggota Komisi X DPR RI memberikan materi tentang pendalaman tujuan dan arti menjadi politisi kepada 100 mahasiswa dari berbagai macam kampus.

Dalam Siaran Pers yang diterima Florespos.net, Senin (25/9-2023) menjelaskan pemberian materi ini adalah bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program ini dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa dalam menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja.

Penyampaian materi ini dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi X DPR RI Gedung Nusantara I, Lantai 1.

Dalam penyampaian materinya, AHP menjelaskan tentang bagaimana dinamika dan interaksi politik dari level tingkat negara sampai desa dalam upaya mempengaruhi proses kekuasaan untuk Masyarakat.

“Kehidupan kita erat kaitannya dengan keputusan-keputusan politk. Hal ini mempertegas bahwa dalam kehidupan kita sebgai manusia tidak jauh dari keputusan politik baik langsung maupun tidak langsung,” ungkapnya

Dalam berprofesi sebagai politik, AHP mengutip ahli politik, ekonom, geografi, dan sosiolog dari Jerman Max Weber yang menyebutkan “politik als beruf”.

Artinya politik sebagai panggilan untuk terlibat dalam proses kekuasaan. Menjadi politisi tentu merupakan tanggung jawab kekuasaan yang diberikan oleh rakyat untuk kembali mengabdi dan melayani rakyat.

Di sesi tanya jawab terlihat bagaimana antusiasme yang ditunjukan oleh para mahasiwa dan mahasiswi dalam memberi pertanyaan.

Terdapat Mahasiswi dari Kampus Udayana bernama Fatmawati yang bertanya bagaimana cara mempersiapkan diri sebgai politisi.

“Banyak jalan menuju ke Senayan, salah satunya dengan terlibat menjadi kader partai politik atau menjadi seorang professional dalam bidang yang berpengaruh,” ungkap Wakil Rakyat dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dengan demikian hal-hal tersebut bisa menjadi jalan masuk menuju Senayan dan mengabdi kepada Masyarakat.

Terakhir AHP berpesan pada dasarnya menjadi politisi hal yang pertama harus dilakukan adalah bicara tapi bicara tidak hanya asal bicara.

Bicara apa yang anda dengar, anda lihat dan anda alam maka dalam memilih wakil harus orang yang tahu betul persoalan yang ada di Masyarakat dan dapat menyuarakan Kembali di ruang rapat. *

Penulis: Wim de Rozari/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *