JAKARTA, FLORESPOS.net-Meski kaya akan nutrisi, beberapa makanan sehat ini tetap tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Sebab bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Mulai dari vitamin, serat, protein, karbohidrat, dan sejumlah mineral penting lainnya.

Demi mengasup nutrisi tersebut, tak sedikit orang yang jadi makan berlebihan. Alasan agar bisa mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Padahal faktanya, beberapa makanan sehat tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena bisa berbalik membawa efek buruk pada kesehatan, seperti yang dikutip dari Delish (22/09/23).

Berikut 5 makanan sehat yang tak boleh dikonsumsi berlebihan sebagaimana dikutip dari detik.com.

1. Wortel

Wortel mengandung beta-karoten yang tinggi, dan ini sangat bagus untuk kesehatan mata juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, perhatikan porsinya.

Menurut ahli gizi Jennifer Altman makan wortel terlalu banyak bisa menyebabkan karotenemia atau kelebihan beta-karoten yang menyebabkan kulit menghitam.

Kondisi tersebut sebenarnya tidak berbahaya, tetapi, ahli gizi Altman mengatakan tetap harus dijaga porsinya. Altman menyarankan untuk mengonsumsi.

2. Pisang

Pisang merupakan makanan sehat yang kaya akan potasium. Nutrisi tersebut bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, juga dikemas dengan kalium untuk kesehatan tulang.

Namun, menurut ahli gizi Kim Yawitz, makan pisang berlebihan bisa berbahaya. Jika, banyak mengasup kalium bisa fatal untuk darah, terlebih pada penderita penyakit ginjal.

“Pisang juga mengandungsorbitol, gula alkohol yang dapat menyebabkan gas, kembung, dan diare dalam jumlah yang besar. Makan pisang satu hari satu buah sudah cukup,” ujar KimYawitz.

3. Air Putih

Untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh, banyak ahli gizi menyarankan untuk banyak minum air. Namun, jika berlebihan ternyata bisa berbahaya.

Menurut dokter gizi Rosemary Trout, minum air putih yang berlebihan bisa menyebabkan hiponatremia, yaitu ketidakseimbangan elektrolit yang terjadi ketika kadar natrium dalam tubuh terlalu rendah.

Natrium penting untuk menyeimbangkan cairan masuk dan keluar sel. Trout mengatakan jumlah maksimum air yang dapat diproses tubuh dalam satu jam adalah 800-1.000 ml. Selebihnya bisa berbahaya.

4. Tuna

Tuna merupakan salah satu ikan terbaik dengan kandungan lemak omega-3 dan vitamin B12 yang tinggi. Namun, mengonsumsi tuna tidak boleh berlebihan karena bisa berbahaya.

Hal tersebut karena adanya kandungan merkuri yang cukup besar atau disebut juga metilmerkuri. Jika dikonsumsi terlalu banyak bisa berbahaya bagi otak dan sistem saraf.

Food and Drug Administration (FDA) di Amerika menyarankan bahwa tuna albacore dan tuna sirip kuning hanya boleh dikonsumsi seminggu sekali.

5. Kopi

Kandungan kafein pada kopi banyak memberikan manfaat kesehatan. Namun sebaiknya, jangan mengkonsumsi kopi lebih dari 500-600 mg kafein per hari, sebab bisa berbahaya.

Efek sampingnya adalah mengalami insomnia, gelisah, mual, jantung berdebar, kecemasan, sakit kepala. Yang lebih fatal bisa mengalami serangan jantung.

Banyak ahli gizi yang menyarankan bahwa batas maksimal minum kopi adalah 400 miligram atau setara dengan 4 gelas dalam sehari. *

Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *