ENDE, FLORESPOS.net-Komunitas Kumpul Malam Jumat (Kumat) di Desa Nualise, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende menggelar acara nonton bareng film Beta Maluku pada Minggu (24/9/2023) malam.

Tujuan dari kegiatan itu untuk memberikan motivasi pada anak-anak di kampung itu.

Selain nonton bareng, acara itu juga diselingi dengan baca puisi, gawi dan hiburan lainnya. Gawi sodha dibawakan oleh anak – anak SD Nuaulu dan Wolowaru IV.

Koordinator Komunitas Kumat, Redentus Dede Tore yang akrab disapa Tores mengatakan, kegiatan nobar film ‘Beta Maluku’ untuk memotivasi anak – anak.

Karena film tersebut menceritakan perjalanan tim bola asal Maluku yang berjuang dari dusun hingga ikut perlombaan di Jakarta.

Dikatakannya film itu cocok untuk memotivasi anak – anak karena saat ini  Desa Nualise memiliki tim sepak bola bernama Persetan FC (persatuan sepak bola ata Lise) yang sedang mengikuti turnamen The Bulls Warrior U-13 di Kecamatan Wolowaru.

Tores menjelaskan alasan Komunitas Kumat memilih film ini: Pertama, mau melihat sisi lain dari sepakbola bahwa sepak bola bukan sekedar skill mengolah bola tetapi ada imajinasi dan  harapan dari anak-anak yang sedang berproses dalam pengembangan bakat.

Kedua, film Beta Maluku berlatar belakang desa, dimana anak-anak desa seringkali di nomor duakan, dianggap terbelakang maka diharapkan melalui film ini mampu merangsang mental anak-anak untuk bisa bersaing di level yang lebih tinggi.

Ketiga, untuk menyiapkan sumberdaya manusia maka perlu dibuatkan agenda bersama dari masing-masing sektor misalnya sekolah, tokoh adat, pemerintah desa dan  orang tua, sehingga apa yang di maksud dengan tri pusat pendidikan Ki Hadjar Dewantara bisa terselenggara.*

Penulis: Willy Aran/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *