BORONG, FLORESPOS.net-Memasuki bulan April, bunga teratai yang tumbuh subur di Danau Tonjong, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), mulai mekar.

Danau Rana Tonjong tepatnya berada di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, di bagian utara Kabupaten Manggarai Timur. Akses jalan raya menuju Pota saat ini cukup bagus karena merupakan jalur jalan nasional.

Cara terbaik ke Pota, bila dari Labuan Bajo atau dari Borong yaitu melewati Ruteng dan menuju Reo di Pantai Utara. Selanjutnya menuju Pota. Jarak tempuh dari Ruteng sekitar 75 km atau 3 jam.

Danau ini dikenal sebagai Danau Teratai atau lebih tepat lagi Danau Lotus (Nelumbo Nucifera) karena memiliki tangkai daun dan bunga yang tinggi serta tidak mengapung seperti teratai umumnya.

Teratai di Danau Tonjong, Kecamatan Sambi Rampas mulai mekar

Danau Lotus ini dinamai Rana Tonjong oleh penduduk setempat. Danau Rana Tonjong berada di sebuah dataran rendah yang dikelilingi perbukitan dan areal persawahan.

Danau ini memiliki luas sekitar 3.52 ha. Didalamnya ditumbuhi lotus sepanjang tahun dan berbunga pada bulan April hingga Mei. Konon, Danau Rana Tonjong ini diyakini sebagai salah satu Danau Lotus terbesar di dunia.

Arsyad, salah satu pemandu wisata Pantai Utara di Pota, Jumat (31/3/2023), mengatakan informasi dari para orang tua, daerah yang sekarang ditumbuhi teratai dulunya merupakan lahan persawahan.

Teratai di Danau Tonjong, Kecamatan Sambi Rampas mulai mekar

Pada suatu ketika terjadilah banjir bandang dan menggenangi lahan persawahan tersebut.

Setelah banjir surut di bagian yang lain, areal persawahan tersebut terus digenangi air, dan tumbuhlah tanaman Lotus tersebut ke atas permukaan air hingga memenuhi hamparan dataran rendah itu hingga saat ini.

Sejauh ini, kata Arsyad wisatawan lokal maupun mancanegara banyak datang melihat dari dekat kondisi alam dan menikmati keindahan lotus yang merupakan teratai terbesar kedua setelah India.

Arsyad mengatakan, saat ini jalur Pantura sudah diperbaiki. Biasanya turis yang datang dari Maumere (Kabupaten Sikka), Riung (Kabupaten Ngada) singgah di Danau Rana Tonjong tersebut.

Menurut Arsyad, keindahan yang dimiliki bunga Lotus membuatnya banyak digunakan sebagai penghias kolam di taman-taman. Tanaman ini dianggap memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Tidak hanya memiliki nilai kultural yang kental dan sebagai tanaman hias, namun juga dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan keperluan pengobatan.

Biji di dalam bonggol bunga yang matang bisa dimakan langsung (mentah) atau dengan dimasak terlebih dahulu.

“Kalau sudah mekar, banyak penduduk lokal yang datang memetik dan mengambil buah untuk dimakan,” katanya.

Arsyad mengatakan, sekitar danau terus ditata oleh pemerintah daerah sambil berharap obyek wisata Danau Rana Tonjong menjadi salah satu tujuan wisatawan di Kabupaten Manggarai Timur.*

Penulis: Albert Harianto / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *