RUTENG, FLORESPOS.net-Belakangan ini Bawaslu Manggarai, NTT mengawasi detail tahapan verifikasi faktual untuk bakal calon (Balon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Dari sample yang ada, ditemukan 139 data yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Ketika berbicara dalam momen Media Gathering di Ruteng, anggota Bawaslu Hery Harun, Jumat (10/3/2023), anggota Bawaslu Hery Harun mengatakan, dalam proses pengawasan verifikasi faktual Balon anggota DPD dan Coklit data pemilih, Bawaslu Manggarai mencatat sejumlah varian masalah.

“Dalam konteks verifikasi faktual DPD, ada sejumlah varian masalah. Catatan temuan itu telah diteruskan ke KPU Manggarai,” katanya.

Dikatakan, Bawaslu melakukan verifikasi faktual pada 664 sample dari 12 Balon DPD di Manggarai. Hasilnya ada 525 yang memenuhi syarat (TM) dan 139 TMS.

Temuan lain, jelas mantan wartawan ini, banyak pendukung yang tidak bisa ditemui karena alasan pekerjaan, pendukung yang tidak dapat menunjukan kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu keluarga (KK) saat verifikasi faktual.

Lalu, kondisi cuaca ekstrim saat melakukan verifikasi, jaringan internet yang tidak stabil dan pendukung yang tidak memenuhi syarat seperti aparat sipil negara (ASN), anggota TNI dan anggota POLRI.

Menurutnya, terkait pengawasan Coklit data pemilih, pengawasan dilakukan dengan dua cara yaitu pengawasan melekat dan uji petik.

Dalam pengawasan tersebut, Bawaslu menemukan sejumlah varian masalah dan juga temuan langsung diteruskan saran perbaikannya.

Temuan riilnya, demikian Hery Harun, ada orang sudah meninggal dunia yang di-Coklit, ada yang masih hidup, tetapi sudah memiliki akta kematian, ada pemilih yang belum memenuhi syarat, tetapi di-Coklit, dan sejumlah varian masalah lainnya.

Seluruh varian masalah, lanjut Hery Harun, langsung diteruskan ke KPU Manggarai lewat Pantarlih yang berada di lapangan. Yang bisa langsung diperbaiki, maka bisa diperbaiki. Jika tidak, maka koordinasinya ke KPU Manggarai.

Sebelumnya Pelaksana Harian Bawaslu Manggarai, Alfan Manah mengatakan, ada dua agenda yang akan disampaikan Bawaslu Manggarai ke publik sekarang ini. Dua agenda itu tahapan dan skedul yang sedang dilaksanakan, belakangan ini.

“Dua agenda yang diawasi itu, yakni verifikasi faktual dukungan Balon anggota DPD, dan pengawasan sub tahapan pencocokan data pemilih (Coklit),” katanya.*

Penulis: Christo Lawudin / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *