BAJAWA, FLORESPOS.net-Rapat Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Ngada, NTT memutuskan mencabut dukungan bagi Bupati dan Wakil Bupati Ngada, Andreas Paru dan Raymundus Bena.

Rapat digelar di Sekretariat DPC PKB Ngada, Rabu (1/3/2023) dipimpin Ketua DPC PKB Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu didampingi Ketua Dewan Syuro PKB Ngada, Richardus Bhara.

Kegiatan itu dihadiri oleh segenap pengurus DPC, pengurus dewan pimpinan anak cabang, pengurus DPC Gerbang Tani serta Garda Bangsa.

Konferensi Pers usai Rapat, Ketua DPC PKB Ngada Bernadinus Dhey Ngebu didampingi Sekretaris PKB Ngada, Yosef Filius David Jawa, Anggota DPRD Ngada dari Fraksi PKB yang juga Pengurus DPC Ngada, Marsi Loko Kisa serta pengurus PKB Ngada.

Ketua DPC PKB Bernadinus Dhey Ngebu menjelaskan, keputusan itu berangkat dari hal utama, yaitu ketika pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Ngada tahun 2020, PKB berkoalisi dengan Partai Golkar mengusung paket yang saat ini menjadi Bupati dan Wakil Bupati Ngada, yaitu Andreas Paru dan Raymundus Bena.

Dalam perjalanan, Raymundus Bena kemudian mengundurkan diri dari PKB dan menjadi Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Ngada.

Menurutnya, dari etika politik memang sudah tidak selayaknya PKB mendukung secara politis Paket AP-RB karena kader partai sendiri yang pernah menduduki jabatan sekretaris partai sudah berada di partai lain.

Diungkapkannya lagi bahwa sikap politik PKB Kabupaten Ngada sudah dibuat dalam bentuk berita acara untuk diproses dan dikirim ke DPW dan DPP.

Langkah lainnya adalah menugaskan Fraksi PKB di DPRD Kabupaten Ngada menarik dukungan dari alat kelengkapan yang ada di DPRD.

Data Florespos.net, PKB dan Golkar mengusung Paket AP-RB pada Pilkada Ngada 2020. Dimana kedua Partai Politik itu mempunyai 7 Kursi di DPRD Kabupaten Ngada. Empat Kursi dari PKB dan 3 Kursi dari Partai Golkar.

Dalam perhelatan Politik tersebut, Ketua Tim Pemenangan dipercayakan kepada Bernadinus Dhey Ngebu yang juga merupakan Ketua DPRD Kabupaten Ngada yang saat itu juga merupakan Sekretaris PKB Kabupaten Ngada.

Dalam perjalanan politik pula Ketua DPC PKB Kabupaten Ngada dipercayakan kepada Bernadinus Dhey Ngebu dan Sekretaris Raymundus Bena.

Sedangkan Richardus Bhara yang sebelumnya Ketua DPC PKB Kabupaten Ngada menjadi Ketua Dewan Syuro. Selanjutnya, Raymundus Bena mengundurkan diri dari PKB dan menjadi Ketua Partai Gerindra Kabupaten Ngada.

Terkait keputusan ini, Florespos.net belum berhasil meminta tanggapan Bupati dan Wakil Bupati Ngada.*

Penulis: Wim de Rozari/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *