RUTENG, FLORESPOS.net – Satuan kerja jalan Nasional wilayah Manggarai, NTT, menempatkan petugas khusus untuk memantau kondisi jalan Ruteng-Reo, setiap hari. Penempatan petugas (penilik jalan) itu penting sekali ketika terjadi sesuatu yang menghambat dan mengganggu lalu lintas kendaraan.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Nasional wilayah Manggarai, Djibrael Tuka Rohi yang ditemui wartawan di Ruteng, Kamis (16/2/2023), dalam situasi apapun kondisi jalan Ruteng-Reo selalu terpantau. Pantauan itu sangat penting guna memastikan semua lancar dan aman.

“Kalau tidak ada posko, kita punya penilik jalan untuk pantau kondisi setiap hari. Ini petugas khusus yang kerja memonitor keadaan jalan setiap hari,”katanya.

Dikatakan, penilik jalan sangat membantu ketika terjadi bencana pada jalur jalan yang ada. Laporan cepat dari lapangan ikut menentukan penanganan untuk mengatasi soal di lapangan.

Dalam kasus longsoran pada jalan yang terjadi belakangan ini, lanjut PPK Djibrael, laporan penilik lapangan menjadi acuan. Laporan itu ditindaklanjuti cepat untuk menurunkan peralatan kerja ke lokasi yang bermasalah.

Ditanya tentang berapa banyak penilik jalan pada jalur jalan itu, PPK Djibrael menjelaskan, jumlahnya tiga orang. Para petugas ini selalu siaga setiap hari untuk memantau dan melaporkan apapun situasi di lapangan. Dengan itu, setiap saat diketahui kondisi jalan, apakah ada gangguan atau tidak.

Sebelumnya, sopir travel, Erwin Nur mengatakan, sejauh ini lalu lintas jalan Ruteng-Reo, lancar saja. Kalau ada gangguan berupa tanah longsoran dan pohon tumbang langsung ditangani satuan kerja jalan yang ada.

“Kita nyaman saja walaupun hujan turun terus belakangan ini. Kesigapan satuan kerja jalan ini patut diapresiasi karena cepat respons bila terjadi sesuatu pada jalur jalan yang ada,” katanya. *

Penulis: Christo Lawudin/Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *