BORONG, FLORESPOS.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Edigy Djaya Global dan Global With Us Co LTD dalam rangka merekrut tenaga kerja produktif  yang akan bekerja di Jepang.

Penandatanganan MoU ini dilakukan  Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, bersama CEO PT Edigy Djaya Global, Suryanto Wijaya, dan CEO Global With Us Co LTD Jepang, Mr Suzuki Takayuki di Ruang Rapat Bupati Manggarai Timur Rabu, (18/1/2022). Pada acara ini Bupati didampingi Sekertaris Daerah (Sekda) Manggarai Timur, Boni Hasudungan Siregar, CEO PT Edigy Djaya Global, Suryanto Wijaya, dan CEO Global With Us Co LTD Jepang, Mr Suzuki Takayuki.

Hadir dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, pimpinan Perangkat Daerah, Alvin Saputra Komala selaku Director Edigy Djaya Global, Yohanes M V Pedrico selaku CRO NTT Area Edigy Djaya Global, dan Mr Yoshida Kentaro selaku Director Global With Us Co LTD Jepang.

CEO PT Edigy Djaya Global, Suryanto Wijaya mengungkapkan, pekerja asing sebelum bekerja di Jepang wajib fasih berbahasa Jepang. Karena itu, sebelum bekerja di Jepang, para tenaga kerja muda ini akan dilatih melalui program penyelenggaraan pelatihan bahasa Jepang di Manggarai Timur.

Wijaya berharap kepada anak-anak muda Indonesia, khususnya di Manggarai Timur agar serius belajar bahasa Jepang saat pelatihan yang dilakukan secara online dan offline, sehingga bisa lulus dan bisa diterima untuk bekerja di Jepang.

CEO Global With Us Co LTD Jepang, Mr Suzuki Takayuki, mengungkapkan  Global With Us, adalah perusahaan yang berkecimpung di dunia pendidikan. Wadah ini telah berkiprah  sekitar 47 tahun dan sejauh ini berkontribusi terhadap siswa-siswi asing, terutama dalam pembelajaran bahasa Jepang.

Kata Suzuki, saat ini menjadi masalah sosial di Jepang karena banyak lansia, sehingga yang sudah pensiun pun disuruh bekerja kembali. Sedangkan pekerja usia muda yang menjadi pekerja produktif saat ini sangat berkurang.

Karena itu kata Suzuki, salah satu cara untuk mengatasinya yaitu memberikan pelajaran bahasa Jepang terhadap orang asing yang berusia 20-35 tahun untuk dapat bekerja di Jepang.

Suzuki juga mengharapkan agar kerja sama ini dapat berjalan sukses dan banyak anak-anak muda di Manggarai Timur bisa bekerja di Jepang. Pihaknya akan menempatkan tiga orang guru dari Jepang selama pelatihan.

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, menyampaikan terima kasih atas perhatian dari PT Edigy Djaya Global dan Global With Us Jepang yang memberikan kesempatan bagi muda-mudi di Kabupaten Manggarai Timur  untuk dapat belajar bahasa Jepang dan bisa bekerja di Jepang.

Bupati Agas juga meminta pelatihan bahasa Jepang bisa dilaksanakan di Manggarai Timur sehingga banyak anak muda yang bisa ikut. Selain itu, perlu dilakukan sosialisasi yang baik terhadap anak-anak muda yang baru tamat SMA.

Bupati Agas berharap agar program ini dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak muda. Anak muda Manggarai Timur nanti bisa bekerja di Jepang dan mempunyai penghasilan yang lebih besar. Selain itu dapat pengalaman yang baik untuk ditransferkan ke orang-orang di Manggarai Timur.*

Penulis:Albert Harianto/Editor:Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *