RUTENG, FLORESPOS.net – Cuaca ekstrim seperti hujan intensitas tinggi dan angin kencang memakan korban di wilayah Kota Reo, Kecamatan Reok, Manggarai, NTT, Jumat (30/12/2022).

Pohon tumbang menghantam badan jalan sehingga sempat memacetkan lalu lintas kendaraan.

Kepada wartawan, Jumat (30/12/2022), Kabag Prokopim Setda Manggarai, Paul Jeramun mengatakan, dirinya meneruskan informasi dan data kejadian bencana alam yang diperoleh dari Bupati Manggarai. Apa yang terjadi diinformasikan langsung masyarakat ke Bupati.

“Datanya ada pohon tumbang menerpa badan jalan di Kota Reo akibat cuaca ekstrim ini. Lalu lintas sempat macet,”katanya.

Dikatakan, dalam kejadian itu tidak ada korban manusia atau kendaraan yang melintas pada saat kejadian. Hal itu patut disyukuri karena tidak terjadi hal buruk dari pohon tumbang itu.

Menurutnya, pohon tumbang terdapat pada sejumlah titik pada jalur jalan Reo menuju Kedindi. Pohon besar menerpa badan jalan. Dan, ya’ng paling besar di depan Sengari, Reo yang berakibat lalu lintas macet, Kamis (29/12/2022).

Pasca kejadian, demikian Kabag Paul, warga bersama aparat desa, kecamatan, kepolisian, dan TNI bergerak cepat untuk menyingkirkan pepohonan dari badan jalan. Proses pemotongan kayu hingga penyingkirannya memakan waktu tidak lama juga.

Atas situasi yang terjadi saat ini, lanjut Kabag Paul Jeramun, Bupari Hery Nabit telah meminta camat, lurah, dan kepala desa untuk siaga bencana.

Semua harus memantau wilayahnya dan setiap perkembangan dilaporkan ke Pemkab cq. BPBD Manggarai NTT. Dan, semua harus waspada atas situasi yang kurang bersahabat belakangan ini.

Sedangkan Kepala BMKG Kupang, Agung Sudiono Abadi telah memberikan peringatan dini kepada seluruh masyarakat NTT, untuk berhati-hati dan tetap siaga menghadapi cuaca extrem, yang melanda seluruh wilaya NTT dalam  beberapa hari ke depan.

“Kami perlu informasikan ke publik dari prediksi kondisi global dan prakiraan hujan secara regional, yakni hujan dengan intensitas ringan hingga sangat lebat masih berpotensi di seluruh wilayah NTT selama periode sepekan ke depan,” katanya. *

Penulis:Christo Lawudin/Editor:Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *