RUTENG, FLORESPOS.net –  Bawaslu Manggarai tidak pernah berhenti mengajak pelbagai elemen di Manggarai, NTT, diajak untuk berpartisipasi mengawasi Pemilu. Terbaru, ajakan Bawaslu sasar ibu rumah rangga (IRT).

Kepada wartawan, Selasa (27/12/2022), anggota Bawaslu Manggarai, Hery Harun mengatakan, kegiatan sosialisasi terbaru menghadirkan elemen kaum perempuan, yakni ibu rumah tangga. Komunitas ibu rumah tangga di Kota Ruteng diberitahu agar ikut terlibat dalam pengawasan partisipatif Pemilu.

“Perempuan adalah segmen yang sangat strategis dalam Pemilu. Karena itu, diharapkan perannya untuk ambil bagian secara langsung dalam pengawasan partisipatif demi mewujudkan pemilu yang berintegritas,”katanya.

Dikatakan, pendidikan politik kepemiluan bagi kaum perempuan khususnya ibu-ibu rumah tangga sangat penting dan strategis. Dasarnya, kaum ibu lebih banyak membangun komunitas atau forum-forum warga seperti kelompok arisan, usaha bersama simpan pinjam dan beberapa lainnya.

Menurutnya, ibu-ibu rumah tangga perlu mendapatkan informasi kepemiluan yang masif. Sebab ibu-ibu itu memiliki  banyak forum seperti arisan dan lainnya. Bawaslu berharap forum-forum tersebut dimanfaatkan untuk membahas info kepemiluan.

Setiap tahapan Pemilu, demikian mantan wartawan itu, berpotensi  terjadinya pelanggaran. Pelanggaran itu harus dicegah dari awal seperti pada ahapan pendaftaran pemilih, kampanye, pencalonan, pendistribusian logistik, masa tenang,  pemungutan, perhitungan suara, dan rekapitulasi.

Sedangkan Kordiv SDM Bawaslu Marselina Lorensia mengatakan, kaum ibu harus memahami dengan baik informasi kepemiluan. Karena itu, forum ini sangat strategis dalam memberikan pendidikan Pemilu yang benar kepada generasi berikut.

“Kalau ibu salah beri pendidikan, maka akan salah juga selanjutnya. Karena itu,kami menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif khusus kaum ibu sebagai kelompok yang sangat strategis,”katanya.

Seorang peserta sosialisasi, ibu Jeni Hamsa ketika itu  meminta Bawaslu Manggarai untuk melakukan pengawasan setiap waktu sebelum masa kampanye, khususnya di rumah ibadah menjelang hari Natal dan tahun baru.

“Tolong Bawaslu awasi dengan baik masa sebelum ada tahapan kampanye, apalagi di rumah-rumah  ibadah pada hari raya Natal. Ada-ada saja memanfaatkan kesempatan,”katanya. *

Penulis:Christo Lawudin/Editor:Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *