BAJAWA, FLORESPOS.net-Anggota DPR-RI dari Fraksi PAN, Ahmad Yohan memberikan bantuan untuk 13 rumah ibadah terdiri dari Gereja dan Masjid, di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT). Masing-masing rumah ibadah, mendapat bantuan sebesar RP 24.000.000 dari Anggota Komisi XI DPR RI itu.

Bantuan itu merupakan aspirasi Ahmad Yohan yang bersumber dari Bank Indonesia (BI). Saat ini, sudah ditransfer ke masing-masing rekening Panitia Pembangunan Gereja dan Masjid.

Secara simbolis, penyerahan bantuan dilakukan oleh Ketua DPD PAN Kabupaten Ngada, Kristoforus Loko, S. Fil, didampingi Ketua Fraksi PAN DPRD Ngada, Yohanes Donbosko Ponong, S. Pd mewakili Anggota DPR RI, Ahmad Yohan.

Ketua DPD PAN Ngada, Kristoforus Loko dalam sambutan mengatakan, Ahmad Yohan merupakan Anggota DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) NTT 1 meliputi Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timor, Lembata, dan Alor.

Kristo Loko menambahkan, Ahmad Yohan merupakan Anggota DPR-RI periode kedua 2019-2024, dan pada periode lalu 2014-2019, dia menjadi Anggota DPR-RI Perganti Antar Waktu karena Lorens Bahang Dama meninggal dunia.

“Ahmad Yohan ini duduk di Komisi XI DPR-RI membidangi Keuangan Negara bermitra perbankan di Indonesia. Enam bulan lalu, saya ke Jakarta, beliau menyampaikan ke saya agar membuat proposal untuk bantuan pembangunan rumah ibadah di Ngada yang akan dibantu BI melalui aspirasinya,” cerita Kristo Loko.

Ketua DPRD Ngada 2009-2014 ini, mengatakan sebelumnya, pada saat 17 Agustus 2022, Ahmad Yohan juga membantu melalui aspirasinya ke BNI, yakni 1 unit mobil ambulance. Mobil itu kini dikelolah Yayasan Persekolah Umat Katolik Ngada (Yasukda).

Kristo Loko menjelaskan, manfaat dari mobil ambulance ini, bahwa apabila ke depan ada keluarga yang sakit atau kedukaan di RSUD Bajawa membutuhkan mobil ambulance bisa langsung menghubungi Romo Sil Betu, Ketua Yasukda atau dirinya sebagai Ketua DPD-PAN Ngada.

“Selain bantuan rumah ibadah, kemarin melalui aspirasi Ahmad Yohan, kita dapat 1 mobil ambulance yang saat ini di Yasukda,” ungkapnya.

Kristo Loko lebih jauh menyampaikan bahwa Ahmad Yohan, putra asal Kabupaten Flores Timur tersebut tamatan SDK Tanalodu Bajawa, sehingga dia juga memiliki hubungan spesial dengan gereja.

Ketua Panitia Pembangunan Gereja Poma, Desa Denatana Timur, Kecamatan Wolomeze, Emil Kewa menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Anggota DPR-RI Ahmad Yohan.

Emil Kewa berharap melalui Pimpinan DPD PAN Ngada, jika Ahmad Yohan ada di Ngada bisa mengajaknya ke Gereja Poma.

“Bapak Yohan memang kami belum pernah ketemu secara langsung. Tetapi sekarang kami sudah merasakan budi baiknya melalui bapak Kristo. Pak Kristo sampaikan salam hormat kami kepada Bapak Yohan. Kami terus berdoa kalau suatu saat nanti beliau ada di Ngada bisa ajak ke Poma,” katanya.

Senada juga disampaikan Ketua Lingkungan Mangulewa, Bernadus Belo. Dia juga berharap Ahmad Yohan bisa ke Mangulewa.

“Pak Kristo tolong sampaikan salam hormat kami kepada anak kami Yohan. Kalau ke depan berkunjung ke Ngada, tolong ke Mangulewa,” harapnya.

Adapun 13 rumah ibadah yang dibantu Bank Indonesia melalui aspirasi Ahmad Yohan. Gereja Stasi Ngadusawu, Desa Manubhara, Gereja Stasti Gurusina, Desa Watumanu, Gereja Stasi Terong, Desa Terong.

Seterusnya, Gereja Stasi Poma, Desa Denatana Timur, Gereja Stasi Ize, Desa Nginamanu Barat, Gereja Paroki Santo Arnoldus Lindi, Desa Benteng Tawa, Gereja Stasi Turekisa, Desa Turekisa.

Balai Pertemuan Umat Katolik Lingkungan Mangulewa, Gereja Stasi Doka, Desa Radhabata, Gereja Stasi Ngedusuba, Desa Wogowela, Gereja Stasi Watusipi, Desa Watusipi, Masjid Pore, Desa Kota Raja, dan Masjid Bekek, Desa Tadho.*

Penulis: Wim de Rozari / Editor: Wentho Eliando

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *