MUDAKAPUTU merupakan salah satu desa di Kecamatan Ile Mandiri, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Desa ini hanya berjarak lima kilometer dari Larantuka, ibukota dan pusat Pemerintahan Kabupaten Flotim. Namun warga yang menghuni desa ini masih kesulitan mendapatkan akses telekomunikasi terutama jaringan internet.

Sejumlah warga kepada wartawan usai mengikuti Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-77, di Lapangan Sepak Bola Desa Mudakaputu, Rabu (17/8/2022) mengeluh dengan kondisi itu.

Mereka mengaku, untuk bisa mengakses internet dengan baik dan lancar, warga setempat mesti keluar dari desa mencari tempat terdekat atau ke Kota Larantuka yang mempunyai akses telekomunikasi khususnya jaringan internet.

“Kami di Desa Mudakaputu sulit akses internet. Selain itu, jaringan telepon juga selalu muncul dan hilang,” ungkap mereka.

Masalah ini juga diakui Kepala Desa (Kades) Mudakaputu, Yohanes Purin Weking. Menurutnya, masalah jaringan internet itu juga dialami Pemerintah Desa untuk urusan-urusan pemerintahan.

Dia mengaku, selama ini, warga dan Pemerintah Desa mengalami kesulitan komunikasi dan koordinasi keluar secara cepat.

“Selama ini kami memang sulit akses internet,” kata Kades Yohanes Weking kepada wartawan saat acara Pengibaran Bendera Merah Putih HUT Kemerdekaan ke-77, Rabu (17/8/2022).

Dia mengaku sudah koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten melalui dinas terkait. Bahkan, belum lama ini ketika memantau pembagian BLT, masalah itu telah disampaikan kepada Penjabat Bupati Flotim.

“Kami tentu punya harapan, agar kesulitan akses komunikasi melalui jaringan internet ini dapat segera diatasi,” harap Kades Yohanes Weking.

Mudakaputu merupakan satu dari 6 desa di wilayah lingkar luar Ile Mandiri atau desa penyangga Kota Larantuka.

Patut dicatat pula, di Kecamatan Ile Mandiri, Desa Mudakaputu meraih peringkat pertama tingkat dalam hal cakupan atau partisipasi warga untuk vaksinasi Covid-19. Cakupannya, mencapai 100,5 persen.*

Penulis: Wentho Eliando / Editor: Anton Harus

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *