Penulis: Wim de Rozari / Editor: Wentho Eliando

Bajawa, Florespos.net– Kapolres Ngada, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), AKBP Padmo Arianto, S.I.K, memimpin upacara memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, di lapangan Apel Mapolres Ngada, Jumat,( 28/10/2022).

Peserta upacara diikuti oleh para pejabat utama Polres Ngada, Satu SST personil gabungan staf, satu SST personil Sat Lantas, satu SST Sat Samapta, dan satu SST Gabungan Sat Reskrim/Intel Polres Ngada.

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-94 tingkat Polres Ngada, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres AKBP Padmo Arianto SIK, Perwira Upacara Kabag SDM Polres Ngada, AKP Jemmy O. Noke, SH dan Komandan Upacara Kasi Propam Polres Ngada, Iptu Stefanus Kodo.

Kapolres Padmo dalam amanatnya menyampaikan, peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, katanya memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Peringatan Sumpah Pemuda selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

Tema peringatan Sumpah Pemuda adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam. Bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. Ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Bulatkan tekad meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa serta semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” tegas Kapolres Padmo.

Dikatakannya, pemuda adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa mendatang. Apa yang dilakukan pemuda masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa mendatang.

Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

Pemuda Indonesia bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia.

Kapolres Padmo juga mengatakan kita sebagai anak bangsa harus memiliki upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi. “Kami mengajak seluruh elemen bangsa yang ada dikabupaten Ngada untuk menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa,” katanya.*

Silahkan dishare :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *