Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sikka Desak Pemerintah Segera Bayar Insentif Nakes
Penulis: Wall Abulat/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 23 Jul 2021, 14:09:19 WIB Politik
Fraksi PDI  Perjuangan DPRD Sikka Desak Pemerintah Segera Bayar Insentif Nakes

Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Sikka Benediktus Lukas Raja, SE.


Maumere, Florespos.net - Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Sikka mendesak pemerintah untuk segera membayar insentif tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Sikka yang sejak Juni 2020 hingga saat ini belum dibayar.

”Fraksi PDI Perjuangan Desak Pemerintah segera bayar insentif Nakes,” demikian sikap politik  Fraksi PDI Perjuangan yang dibacakan Sekretaris Fraksi Benediktus Lukas Raja, SE dalam agenda sidang Paripurna DPR dengan

agenda Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Pidato Pengantar Bupati Sikka tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sikka  Tahun Anggaran 2020 di Ruang Sidang Utama DPRD Sikka, baru-baru ini.

Baca Lainnya :

Fraksi PDI Perjuangan dalam rapat yang digelar secara virtual yang dipimpin Ketua DPRD Donatus David, SH ini berkali-kali menggarisbawahi pentingnya memperhatikan nasib para nakes dan hak-haknya, terutama hak-hak mereka selama menjalankan tugas di masa pandemic covid-19 dalam setahun terakhir.

“Sikap Fraksi ini sebagai bagian dari rasa kasih kami kepada para nakes. Bukan baru hari ini kami bersuara. Sudah jauh sebelumnya suara kami gaungkan untuk kepentingan rakyat terutama para tenaga kesehatan karena kami tahu bahwa tenaga kesehatan adalah bagian tak terpisahkan dalam misi perjuangan kami. Sekali lagi kami tegaskan, jangan abaikan

para nakes,” demikian Fraksi PDI Perjuangan.

Sarankan Enam Hal Konkret

Fraksi PDI Perjuangan dalam sikap politiknya juga menyarankan enam hal konkret  dalam upaya mencegah dan mengatasi Covid-19 di Kabupaten Sikka, serta terkait kesejahteraan para nakes.

Pertama, agar Ruang Isolasi yang dibangun di setiap puskesmas harus segera digunakan untuk perawatan pasien.

Kedua, perlu didistribusikan APD dan Alat Rapid Test di setiap puskesmas. Ketiga, perlu edukasi kepada masyarakat secara masif tentang Covid-19.

Keempat, galakan program Desa/Kelurahan Siaga, kelima,  perlu ada anggaran untuk masyarakat yang disarankan karantina dan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Fraksi  menerima banyak pengaduan dari warga bahwa pasien Covid-19 yang melakukan karantina mandiri dan isolasi mandiri di rumah tidak mendapatkan perhatian sama sekali. Pertanyaan Fraksi, kemanakah dana yang kita sediakan selama ini?

Keenam, harus diperhatikan kesejahteraan para tenaga kesehatan. Fraksi sangat yakin bahwa kerja para nakes adalah kerja pengabdian kepada kemanusiaan. Kalau kita mau belajar tentang profesionalitas, belajarlah kepada para nakes. Sebab dari karya mereka kita bisa temukan hasil karya dari hati. Itulah ketulusan batin atas dasar cinta dan kasih kepada kemanusiaan.

Apresiasi

Fraksi PDI Perjuangan dalam sikap politiknya juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi terhadap semua pihak, baik pemerintah daerah, segenap Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, DPRD, dan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka, khususnya para tenaga kesehatan yang menangani covid-19 dengan sangat bagus dalam suasana kerja sama yang baik semua komponen yang ada.

Fraksi PDI Perjuangan menilai situasi Pandemi Covid 19 ini sangat berdampak tidak hanya pada aspek kesehatan masyarakat tetapi juga berdampak besar pada situasi sosial dan ekonomi masyarakat  serta seluruh aspek kehidupan lainnya. Selain Covid 19, lanjut Fraksi PDI Perjuangan,  situasi kasus DBD pun meningkat pada awal tahun 2020 yang lalu, namun  Kabupaten Sikka mampu melaluinya dengan sangat baik. Fraksi PDI Perjuangan menyadari bahwa semua ini berkat kerja gotong royong masyarakat Kabupaten Sikka terutama tim Satgas  Covid-19 Kabupaten Sikka.

Terhadap kerja besar dan sangat sukses itu, Fraksi  PDI Perjuangan memberi apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka, segenap Forum Koordinasi Pimpinan Daerah: Kapolres Sikka beserta jajarannya, Kejari Sikka beserta jajarannya, Dandim Sikka  beserta jajarannya, Danlanal Maumere  beserta Jajarannya, Kepala Pengadilan Negeri beserta jajarannya, DPRD, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka.

“Secara khusus Fraksi menaruh rasa hormat dan penghargaan yang tinggi kepada para tenaga kesehatan di Kabupaten Sikka,” demikian Fraksi PDI Perjuangan.

“Kami menyadari sungguh bahwa tanpa kerja keras yang mereka abdikan untuk masyarakat Kabupaten Sikka, tidak mungkin kita dapat melewati masa-masa sulit itu. Fraksi akan terus mendukung setiap kebijakan terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Sikka, namun Fraksi PDI Perjuangan juga akan terus menjalankan fungsi Kontrolnya sebagai Wakil Rakyat  sebagaimana yang diamanatkan sebagai bagian dari Hak Konstitusional Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.”.

Hadir dari unsur eksekutif dalam rapat secara virtual  dari ruang kerja Bupati Sikka ini di antaranya Wakil Bupati Sikka Romanus Woga, Sekda Kabupaten Sikka Adrianus F. Parera dan pimpinan OPD, serta anggota DPRD Sikka.

Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Sikka diisi oleh Stefanus Sumandi, S.Fil (Ketua), Darius Evensius, S.Sos (Wakil Ketua), Benediktus Luas Raja (Sekretaris), anggota Alfonsus Ambrosius, dan Donatus David, SH.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment