Didukung Kementerian Pariwisata, Pemkab Ende Kembali Gelar Festival Kelimutu
Penulis: Willy Aran/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 14 Sep 2021, 22:04:18 WIB Nusantara
Didukung Kementerian Pariwisata, Pemkab Ende Kembali Gelar Festival Kelimutu

Bupati Ende, Djafar Achmad, Sekretaris Deputi Kementerian Pariwsata, Edy Wardoyo dan Kadis Pariwisata, Martinus Satban memberikan keterangan pers kepada wartawan, Selasa (14/9/2021) malam.


Ende, Florespos.net-Festival Kelimutu yang telah menjadi event tetap tahunan  pariwisata Kabupaten Ende pada tahun 2020 kemarin tidak digelar karena pandemi Covid-19. Tahun ini, Pemkab Ende kembali menggelar event ini secara terbatas, Rabu (15/9/2021), di pelataran parkir Kawasan Taman Nasional Kelimutu (TNK).

Pelaksanaan event ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Baca Lainnya :

Kegiatan ini dilaksanakan dengan memperketat protokol kesehatan berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Martinus Satban mengatakan, kegiatan ini dilaksnakan untuk menjawab kerinduan masyarakat dan pelaku industri pariwisata karena tahun lalu event ini tidak dilaksanakan.

Selain itu, kata Martinus, kegiatan ini adalah program nasional yang harus berlanjut untuk membangun kepercayaan publik baik nasional maupun dunia di bidang pariwisata.

Martinus mengatakan, event ini dilaksnakan di tengah pandemi covid-19, maka panitia tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Martinus menambahkan, melalui event ini pelaku pariwisata akan diperkenalkan Protokol Kesehatan berbasis pariwisata, yaitu Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

“Melalui event ini kita kenalkan pola baru atau tatanan baru berbasis pariwisata yaitu CHSE untuk keberlanjutan pariwisata di tengah pandemi covid-19,” katanya.

Edy Wardoyo, Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan  Penyelenggara Kegiatan (events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengatakan pihaknya menyambut baik pelaksanaan event ini meski di tengah pandemi.

Menurut Edy, pelaksanaan event ini adalah kolaborasi antara pemerintah daerah dan kementerian pariwisata. Pemerintah daerah menggelar event dan Kementerian Pariwsata mendukung kegiatan.

Bentuk dukungan itu, seperti promosi pariwisata dan hal- hal yang berkaitan dengan event tersebut.

“Kami menyambut baik pelaksanaan event ini di era pandemi Covid-19 dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Sebelum pandemi, Festival Kelimutu sudah menjadi event tahunan maka Kementerian Pariwiata mendukung kegiatan ini,” katanya.

Edy mengharapkan agar event ini bukan sekedar kegiatan pameran pariwista tetapi dikemas dengan baik agar memeberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Kita harus membuat penilaian agar event ini bukan sekedar ajang pameran tetapi ada manfaatnya bagi masyarakat. Kedepanya, diharapkan dari event ini muncul festival - festival baru yang memberikan ruang ekonomi kreatif kepada masyarakat,” katanya.

Bupati Ende, Djafar Achmad saat konferensi pers di rumah jabatan bupati, Selasa (14/9/2021) malam, mengatakan Festival Kelimutu telah menjadi event tetap  pariwisata di Kabupaten Ende bersama beberapa kegiatan atau event lainnya.

Dikatakannya, Pemkab Ende berani menggelar event ini karena ada penilaian secara nasional dan saat ini Ende sudah PPKM Level 2.

“Event ini mestinya dilaksanakan pada bulan Agustus kemarin tetapi angka covid tinggi dan Pemkab Ende menerapkan PPKM Level IV, maka digeser pada bulan September,” katanya.

“Kita tetap laksanakan untuk hidupkan kembali sektor pariwisata yang sempat lesu karena Covid tentunya tetap menerapkan Protokol Kesehatan. Kita sudah PPKM Level 2 dan sebentar lagi turun ke Level 1,” kata bupati Djafar.

Bupati Djafar menegaskan pemerintah memutuskan tahun ini kembali menggelar event ini di tengah pandemi Covid-19 karena event ini sudah tercatat sebagai event nasional.

Melalui event ini, pemerintah kembali mempromosi seluruh potensi wisata dan menghidupkan kembali pembangunan di sektor pariwisata.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment