Desa Lewograran Terima Dana Pamsimas Rp 245 Juta
Penulis: Frans Kolong Muda/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 24 Mei 2021, 17:11:31 WIB Desa Kita
Desa Lewograran Terima Dana Pamsimas Rp 245 Juta

Para tukang bangunan bak reservoar (penampung air) sedang menganyam besi beton untuk pekerjaan pengecoran yang akan dilakukan pada Rabu (26/4/2021). Foto: Dok.Pemdes Lewograran.


Larantuka, Florespos.net-Masyarakat Desa Lewograran, Kecamatan Solor Selatan, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Provinsi NTT menerima bantuan dari Pemerintah Pusat berupa dana Program Penanganan Air Minum Bersih, Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dari sumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2021 sebesar Rp245 juta.

Kepala Desa Lewograran, Mateus Buto Wujon yang ditemui Florespos.net di ruang kerjanya, Senin(24/5/2021) mengatakan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan air minum bersih dan sanitasi lingkungan hidup di Desa Lewograran maka Pemerintah Pusat (Pempus) telah meluncurkan Program Pamsimas Tahun 2021.

Pemerintah Pusat, kata dia mengalokasikan dana APBN Tahun 2021 sebesar Rp 245 juta. Bantuan dana Pamsimas dimanfaatkan membiayai kegiatan pembangunan jaringan air minum bersih berupa sambungan pipa dan kran air ke semua rumah tangga yang ada di Desa Lewograran.

Baca Lainnya :

“Kegiatan fisik pembangunan jaringan pipa atau sambungan rumah di setiap rumah tangga akan dimulai pada Juli 2021. Mengawali kegiatan itu, Pemdes Lewograran sudah memfasilitasi proses pelelangan diikuti pihak ketiga atau kontraktor suplayer pengadaan pipa dan asesosir lainnya yang dimenangkan CV. Tunas Baru yang beralamat di Larantuka,” kata Mateus Wujon.

Pemdes Lewograran dalam menyukseskan program Pamsimas ini, kata Mateus Wujon akan menyalurkan air bersih dari sumber 1 unit sumur bor yang sudah diadakan beberapa tahun lalu pada saat kepemimpinan Kepala Desa Lewograran, Bonitasius Ureama Belang (kini mantan kades).

“Melalui program Pamsimas masyarakat Lewograran akan lebih mudah mendapatkan air bersih melalui jaringan pipa atau sambungan rumah tangga. Di Desa Lewograran saat ini terdapat 229 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 204 rumah tangga. Jumlah penduduk di desa ini sebanyak 701 jiwa,” katanya.

Diakui Mateus Wujon, sejak adanya sumur bor masyarakat mendapatkan air bersih yang disalurkan melalui jaringan pipa di setiap tunggu kran yang dibangun di lingkungan RT. Melalui program Pamsimas masyarakat semakin dipermudah mendapatkan air bersih lewat jaringan pipa masuk di setiap rumah tangga.

Mateus Wujon yang didampingi Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Desa, Fransiskus Arihala Werang saat itu menjelaskan bahwa dalam menyukseskan program Pamsimas, Pemerintah Desa (Pemdes) Lewograran mengalokasikan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD) Lewograran Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp 61.010.000, membiayai kegiatan pembangunan 1 unit bak penampung air (reservoar) berukuran 6 m x 3 m x 3 m kubik, pembangunan yekoat sarana cuci tangan (TSCT) masyarakat an disabilitas di beberapa titik lokasi strategis yakni di Kantor Desa, Gereja, Sekolah TK/PAUD, SD, dan Posyandu.

Menurut Mateus Wujon, kegiatan pembangunan bak reservoar yang dibiayai DD tahun 2021, sedang dalam proses pengerjaan. Seremonial peletakan batu pertama pembangunan bak sudah dilakukan tuan tanah Suku Belang pada Senin (17/5/2021). Kegiatan lanjutan saat ini sedang dalam item bagesting ayaman besi beton untuk pengecoran bak yang akan dilakukan secara gotong royong masyarakat pada Rabu (26/5/2021).

Kaur Keuangan Desa Lewograran, Fransiskus Arihala Werang mengatakan, kegiatan pembangunan Desa Lewograran dibiayai DD yang dikuncurkan Pemerintah Pusat setiap tahun anggaran. Pengelolaan DD merujuk Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Penetapan kegiatan dan pagu anggaran juga betolak prioritas utama pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Kanan - Iklan SidebarKanan-Iklan ILM

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.