Aplikasi Lido Terintegrasi Karya ASN Ngada Dukung Intervensi Pembangunan Tepat Sasaran
Penulis: Wim de Rozari/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 14 Sep 2021, 17:31:12 WIB Nusa Bunga
Aplikasi  Lido Terintegrasi  Karya ASN Ngada Dukung Intervensi Pembangunan Tepat Sasaran

Linus Timotius Dopo,S.St.MA (kiri) menyerahkan 3 inovasinya menjadi inovasi daerah yang diterima Bupati Ngada, Andreas Paru, Senin (13/9/2021) di Kemah Tabor Mataloko.


Bajawa, Florespos.net – Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada berhasil menciptakan aplikasi terintegrasi yang mampu mendukung intervensipembangunan secara tepat dan akurat oleh pemerintah atau pemangku kebijakan. Linus Timotius Dopo, S.St.MA atau biasa disapa Linus Dopo berhasil menciptakan Aplikasi Lido Terintegrasi. Aplikasi ini mampu menyajikan data secara akurat terkaiit Pola hidup Sehat, Stunting, Lido Posyandu, sert berbagai data pembangunan lainnya.

Buah karya putra Ngada ini diresmikan penggunaannya di Kabupaten Ngada, Senin (13/9/2021). Bupati Ngada, Andreas Paru meresmikan Aplikasi Lido Terintegrasi ditandai dengan pemukulan gong bertepatan dengan pembukaan kegiatan  start up program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (Tekad) Tahun Anggaran 2021 di Kabupaten Ngada, Senin (13/9/2021).

Tentang Aplikasi Lido Terintegrasi, Linus Lido kepada Florespos.net, Senin (13/9/2021) mengatakan, Lido diambil dari namanya yaitu, Linus Dopo yang merupakan ASN Kesehatan Kabupaten Ngada. Tiga aplikasi yakni Lido Integrasi, Lido Stunting dan Lido Posyandu merupakan aplikasi inovasi Linus Dopo.

Baca Lainnya :

Linus Dopo yang bernama lengkap Linus Timotius Dopo,S.St.MA yang juga inovator Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Terintegrasi, pernah mendapatkan penghargaan dari Menpan RB tahun 2019 dan masuk dalam Awarding Top 99 Inovation.

Linus Dopo menjelaskan bahwa pembangunan yang baik membutuhkan data yang akurat, objektif, terupdate sehingga intervensi pembangunan tepat sasaran. 

Semua orang, bahkan semua sektor selalu bermimpi tentang sistem pembangunan terintegrasi. Pembangunan terintegrasi tentu membutuhkan data yang terintegrasi pula, namun mimpi tentang integrasi itu sulit diwujudnyatakan karena mereka tidak menemukan cara atau sistem untuk mewujudkannya. 

Lido Integrasi adalah sebuah sistem yang dilengkapi dengan aplikasi untuk mengintegrasikan data lintas program dan lintas sektor dengan cara mudah, serentak, cepat dan akurat, by name by address

Selain by name dan by addres, Lido Integrasi juga menyediakan data akurat berupa profil keluarga, profil RT, profil desa/kelurahan, profil kecamatan sampai tingkat kabupaten dalam bentuk rekapan dan analisis secara elektronik berkat bantuan aplikasi Lido Integrasi.


                                                                Linus Timotius Dopo,S.St.MA

Lido Integrasi adalah pengembangan dari PHBS Terintegrasi Lido 2018 yang telah memiliki Hak Cipta atas nama Linus Timoteus Dopo, S.St, MH. Dalam PHBS Terintegrasi telah tersedia data kependudukan untuk semua umur dan jenis kelamin by name by adres di mana umur setiap orang selalu terupdate automatic sehingga mampu menyediakan data kependudkan berapapun umur yang dibutuhkan secara cepat dan akurat.

Data politik dalam bentuk data pemilih yang akurat, data Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Data Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi), Data Rumah Sehat, Data Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Data Pendidikan dan pekerjaan, data program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS PK) yang merupakan program Nasional dan masuk dalam PHBS Terintegrasi.

Data golongan darah, data Lansia, remaja yang tergabung dalam data KIA KB, data riwayat penyaki dan beberapa data lain yang kesemuanya memberi informasi tentang keluarga, RT, Desa hingga Kabupaten secara akurat sehingga intervensi pembangunan dapat dilakukan secara objektif. 

PHBS Terintegrasi tersebut kemudian dilengkapi dengan data Kemiskinan Baik menurut indikator Kementerian Sosial maupun menurut indikator BPS sehingga informasi terkait KK Miskin, siapa saja jiwa miskin, mengapa miskin tersedia secara akurat sehingga intervensi untuk menurunkan angka kemiskinan dapat dilakukan secara objektif. Selain dilengkapi dengan data kemisikinan juga dilengkapi dengan data rumah layak huni dan data vaksinasi covid 19. Kesemua data tersebut dikerjakan secara terintegrasi (1 program, 1 kegiatan, 1 tim kerja) dan menghasilkan 1 data yang sama untuk digunakan oleh semua sektor. PHBS Terintegrasi yang telah dilengkapi dengan data kemisikinan, Rumah Layak Huni dan beberapa data lintas sektor lainnya kemudian diberi nama “LIDO INTEGRASI” .

Sementara itu untuk inovasi aplikasi Lido stunting adalah sebuah aplikasi berbasis MS excel yang digunakan untuk mengukur dan menganalisis cepat kasus stunting. 

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah yaitu cukup menginput nama, tanggal lahir, jenis kelamin, tanggal ukur dan hasil ukur, aplikasi secara automatic memberi informasi apakah anak stunting atau bukan, jika stunting apakah pada kategori pendek atau sangat pendek. 

Data ini kemudian secara automatic terkirim dalam rekapan dan analisis. Dengan demikian aplikasi ini mampu menyediakan data stunting by name by address, data stunting perposyandu, data stunting perdesa, kecamatan secara simultan.

Untuk mengetahui determinan penyebab stunting data ini disandingkan lagi dengan informasi yang tersedia dalam sistem Lido Integrasi.

Sementara 

Lido Posyandu adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menilai strata posyandu yang dilengkapi dengan sistem rekapan dan analisis. 

Rekapan dan analisis ini menginformasikan strata posyandu, strata posyandu posyandu di desa, strata posyandu posyandu di kecamatan dan kabupaten juga dilengkapi dengan informasi apa saja yang kurang dari sebuah posyandu, apa saja yang kurang dari posyandu posyandu di desa, kecamatan hingga kabupaten. Yang dikerjakan aplikasi secara simultan, penggunaan aplikasi ini sangat mudah cukup menginput jawaban YA/Tidak pada kolom yang telah disediakan dalam aplikasi aplikasilah yang menilai strata, merekap dan menganalsisi. Informasi ini penting untuk kepentingan intervensi peningkatan kualitas Posyandu. Kualitas Posyandu juga merupakan faktor pendukung upaya pencegahan stunting.

Baik Lido Integrasi, Lido Stunting maupun Lido Posyandu dibuat dengan basis Desa, dan akan dikerjakan oleh tim desa yang terdiri dari kepala desa, aparat desa serta semua unsur sektor yang ada di desa.

Bupati Ngada Andreas Paru pada kesempatan tersebut mengatakan, perkembangan dunia yang semakin maju harus diikuti dengan inovasi.

Inovasi penting karena teknologi informasi saat ini bergerak begitu cepat dan apa yang dilakukan ini merupakan sebuah terobosan yang sangat penting mendukung upaya pemerintah dalam berbagai sektor.

Ini merupakan inovasi daerah yang tentunya pemerintah memberikan apresiasi dan dukungan bagi siapa saja yang melakukan terobosan-terobosan positif bagi masyarakat. *




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment