Air Panas Marapokot Bisa Sembuhkan Penyakit kulit
Penulis: Arkadius Togo/Editor: Wentho Eliando

By Editor Florespos 13 Jun 2021, 09:01:41 WIB Wisata
Air Panas Marapokot Bisa Sembuhkan Penyakit kulit

Air Panas Marapokot, Kabupaten Nagekeo. Foto-foto: Arkadius Togo


Mbay, Florespos.net-Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, menyimpan obyek wisata menarik Pemandian Air Panas di Desa Marapokot. Uniknya, selain menyegarkan tubuh, Air Panas Marapokot bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya penyakit kulit.

Kawasan Pemandian Air Panas Marapokot terbagi dua lokasi, yakni kolam pemandian dengan air bersuhu panas cukup tinggi dan air bersuhu hangat. Dua lokasi pemandian ini, diapit rerimbunan hutan bakau yang indah dan menarik. Jarak dari pusat Kota Mbay, menuju tempat Permandian Air Panas Marapokot sekitar 8 kilometer. Jalur jalan bisa melalui Desa Aeramo dan bisa melalui Kelurahan Danga.

Setiap hari khususnya sore hari, tempat Pemandian Air Panas Marapokot dipadati pengunjung. Mereka sebagian besar adalah petani yang habis bekerja di lahan dan ingin mendapatkan kesegaran sebelum kembali ke rumah.

Baca Lainnya :


Khasiat Pemandian Air Panas Marapokot bisa menyembuhkan penyakit kulit ini tidak hanya sekedar kisah atau cerita belaka sebagaimana diakui seorang warga Desa Nangadhero, Sity Arfila. Menurut dia, air panas itu mampu menyembuhkan penyakit, seperti panau, kudis, kurap dan gatal-gatal pada kulit lainnya setelah mandi berulang kali mandi di Pemandian Air Panas Marapokot.

Senada diakui pula, Theresia Menge. Penyakit kulit yang pernah dia derita sembuh setelah mandi di Air Panas Marapokot. Selain itu, lokasi pemandian Air Panas Marapokot juga menyimpan beberapa kisah mistis.

Konon menurut cerita yang berkembang, barang-barang perhiasan emas, telepon seluler dan barang berharga lain, tidak boleh asal-asalan diletakan atau disimpan di sekitar tempat itu karena bisa hilang. Salah satu sudut, persis bagian timur kolam, ada sebuah lubang cukup besar. Menurut cerita, lubang itu bisa menyedot barang apa saja.

Pemandian Air Panas Marapokot memiliki potensi yang cukup baik untuk dikelola dan dikembangkan menjadi kawasan wisata modern. Selain pemandian, di lokasi itu memungkinkan untuk dibangun kolam renang.

Pemandian Air Panas Marapokot, juga berada hanya sekitar 100 meter dari bibir Pantai Marapokot. Akan ada tiga hal yang menarik yang bisa ditawarkan, yakni air panas, air tawar dan air laut.


Disaksikan Florespos.net, Kamis (27/5/2021) pagi, meskipun mempunyai daya tarik, kawasan Pemandian Air Panas Marpokot terlihat belum tidak terawat dan terkesan kumuh. Padahal, jarak dari jalan negara ke lokasi hanya sekitar 30 meter. Jalan menuju air panas berlumpur. Tersedia tempat sampah, tapi sampah berserakan karena tidak dimanfaatkan sesuai peruntukan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nagekeo, Rustien Triatmi, kepada Florespos.net, Kamis (27/5/2021), mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) sudah memiliki master plan pengelola dan pengembang obyek wisata Air Panas Marapokot. Namun masih terhambat masalah kepemilikan lahan.

“Pemda sudah memiliki master plan pengelolaan dan pengembangan kepariwisataan di daerah itu. Namun kita belum tata sebelum ada kepastian lahan berupa sertifikat. Sekarang masih diproses oleh Pemda. Kalau sudah ada kepastian, direncanakan dibuka akses jalan masuk ke lokasi Pemandian Air Panas Marapokot,” katanya.*

Redaksi: Tulisan ini telah dipublikasikan di media cetak Tabloid Flores Pos Net, Edisi Minggu I/Juni 2021.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment