Komunitas Penyelam Maumere Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Dalam Laut Magepanda
Penulis: Wall Abulat/Editor: Anton Harus

By Editor Florespos 13 Agu 2021, 13:16:54 WIB Nusantara
      Komunitas Penyelam Maumere  Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Dalam Laut Magepanda

Pasukan pengibar sedang membawa Bendera Merah Putih Raksasa ke ke Pantai Kajuwulu untuk diserahkan kepada Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, sebelum dibentangkan di Dalam Laut Pantai Kajuwulu, Jumat (13/8/2021). (foto: walburgus abulat)


Maumere, Florespos.net-Tanjung Kajuwulu, Kecamatan Magepanda terletak sekitar dua puluh kilometer lebih arah utara barat laut Kota Maumere. Lokasi ini menyimpan  aneka keindahan laut, darat, dan udara yang menyuguhkan keindahan bagi siapa saja yang bertandang ke sana.

Keindahan semakin utuh bila destinasi wisata ini  dinikmati oleh pengunjung dari atas Puncak Bukit Salib yang letaknya di atas ketinggian sekitar 500 meter dari pantai Tanjung Kajuwulu.

Dari puncak Bukit Salib,  pengunjung bisa melihat indahnya mentari pagi saat merekah di saat fajar menyinsing, dan di saat fajar merona terbenam di sore hari.

Dari bukit ini pula, pengunjung bisa  memandang birunya laut sejauh mata memandang, dan nun jauh di sana terukir bukit-bukit indah membentuk lukisan cantik yang terus  menghipnotis pengunjungnya.

Baca Lainnya :

Keindahan Tanjung ini menyadarkan pengunjung tentang indahnya  Tuhan yang menganugerahkan lokasi itu untuk insan Nian Tana Sikka, khususnya, dan warga nusantara dan dunia umumnya.

Tak heran, siapa saja yang pernah mengalami keindahan di bukit ini, selalu mengukir sejuta kenangan yang tak terlupakan. Aneka kenangan itu menjadi kado terindah bagi wisatawan, baik dengan cara mengalami segala keindahan yang terberi, maupun dengan mengabadikan momen keindahan dengan berpose ria yang dijadikan kenangan dalam ziarah hidupnya di dunia ini.

Keutuhan keindahan seperti ini dirasakan oleh penulis dan puluhan warga yang menghadiri acara pembentangan Bendera Merah Putih Raksasa berukuran 10 x 4 meter yang digelar oleh Maumere Dive Community atau Komunitas Penyelam Maumere, pada Jumat 13 Agustus 2021.

Dalam acara yang dihadiri Bupati Kabupaten Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si atau yang biasa disapa Bupati Roby Idong; Ketua Tim Penggerak PKK Nyonya Maria Cahyani Idong, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Petrus Poling; dan Camat Magepanda Josephus D. Parera ini, Komunitas Penyelam Maumere di bawah koordinasi Ketua Panitia Susantri Florence Mandona mengenas aneka acara yang bernuansa momen bersejarah HUT Kemerdekaan RI ke-76.

Acara diawali dengan parade pasukan pembawa/pengibar  bendera raksasa dengan personel utusan TNI AL Maumere, TNI Kodim 1603 Sikka, Polres Sikka, TNI AU, Brimob, MDC, dan utusan otoritas Pelabuhan L. Say Maumere. Tim yang bertugas ini membawa bendera dalam posisi barisan rapi dari area sekitar 200 meter lokasi Tangga Seribu Bukit Salib Tanjung Kajuwulu menuju ke Pantai.

Tim pembawa bendera ini dipimpin Anggota TNI Kodim 1603 Sikka, Serka Arsad. Sementara satu bendera merah putih berukuran kecil dibawa oleh salah seorang siswi SMP Virgo Fidelis Maumere, Gracia K. Risma Herta Karamoy. 

Tim pengibar  membawa bendera raksasa melewati tangga turun Bukit Salib  menuju ke arah Pantai-tepatnya tenda acara di mana di lokasi itu sudah ditunggu orang nomor satu Kabupaten Sikka, Bupati Roby Idong, dan pejabat terkait lainnya.

Setiba di tenda acara dilangsungkan penyerahan Bendera Merah Putih Raksasa dari pasukan pengibar kepada Bupati Sikka. Setelah itu, Bupati Sikka menyerahkan bendera itu kepada Ketua Susantri Florence Mandona untuk selanjutnya dibentangkan di lokasi laut Kajuwulu oleh tim MDC yang sudah disiapkan.

 Apresiasi

Bupati Roby Idong dalam sambutannya saat acara pembentangan Bendera Merah Putih di Laut Tanjung Kajuwulu, dan keterangannya kepada wartawan usai memimpin acara itu antara lain menyampaikan apresiasi kepada Maumere Divers Community dan mitra  kerja yang sangat kreatif, termasuk melakukan acara pengibaran bendera merah putih raksasa di dalam laut.

“Kita memberikan apresiasi yang luar biasa khususnya kepada rekan-rekan Maumere Divers Community  yang sangat kreatif. Ini mungkin yang sudah kesekian kali saya melihat pembentangan bendera di dasar laut.  Kali ini di dasar laut Pantai Kajuwulu,” kata Bupati Roby Idong.

Bupati menggarisbawahi bahwa apresiasi pantas diberikan karena di tengah  situasi pandemi, khususnya di Kabupaten Sikka yang masih masuk PPKM  level 4  dalam situasi yang serba terbatas,  tetapi MDC dan mitra kerjanya tetap  membuat terobosan dengan acara pembentangan Bendera Merah Putih di dalam laut.

“Kegiatan menyongsong kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76  ini sungguh luar biasa. Anak-anak muda komunitas ini di Kabupaten Sikka juga didukung TNI, Polri ,  juga instansi vertikal beberapa yang ikut ambil bagian dan para sponsor murni lakukan ini sebagai salah satu bentuk partisipasi kontribusi masyarakat  satu kesatuan dari kegiatan perayaan 17 Agustus untuk memperingati  kemerdekaan yang ke-76,” kata Bupati.

Bupati berharap agar dalam situasi pandemi Covid-19, warga Kabupaten Sikka tidak boleh kendur semangatnya untuk memaknai HUT Kemerdekaan ke-76.

“Saya mengharapkan agar masyarakat  Kabupaten Sikka,  kita tidak kendur semangat kita. Kita  tetap merayakan HUT  kemerdekaan kita dengan segenap hati dan jiwa. Sebab semangat kita sebagai bangsa yang merdeka, yang kuat, bisa menghadapi situasi sesulit apa pun,” kata Bupati.

Tujuan

Sementara Ketua Panitia Kegiatan  Susantri Florence Mandona dalam laporannya antara menjelaskan pemilihan lokasi Tanjung Kajuwulu didasarkan pada beberapa pertimbangan di antaranya karena destinasi itu selain  merupakan salah aset pariwisata yang berpotensi besar untuk menghasilkan pendapatan bagi pemerintah, juga objek wisata itu harus menjadi perhatian semua pihak dalam upaya menjaga dan melestarikannya karena itu adalah salah satu destinasi terindah di Indonesia, umumnya, dan Kabupaten Sikka khususnya.

“Keindahan Tanjung Kajuwulu menjadi aset pariwisata yang menghasilkan pendapatan bagi pemerintah daerah dan bagi makhluk hidup, tentunya dengan dijaganya ekosistem alam dari kerusakan maka akan berlimpah oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan di darat maupun di laut, dan ikan yang berlimpah bagi masyarakat,” kata Susantri.

Susantri menyebut beberapa tujuan pembentangan Bendera Merah Putih di Tanjung Kajuwulu, di antaranya  untuk ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke-76; menjadikan tanjung kajuwulu sebagai destinasi baru dan spot penyelaman yang menantang dan menarik; menjalin kerjasama yang baik antar Pemerintah Daerah, dan Masyarakat Nelayan;dan memperkenalkan Putra Putri sebagai penyelam profesional di Kabupaten Sikka

“Sementara sasaran kegiatan untuk mempererat hubungan Pemerintah Daerah pada khususnya dan Masyarakat pada umumnya, memberikan pengalaman kepada putra dan putri Maumere dalam hal penyelaman dan menarik minat penyelam-penyelam luar daerah, dan memberikan wawasan kepada putra dan putri Maumere dalam hal pengelolaan pariwisata daerah yang sudah berkembang di Kabupaten Sikka. Semua kegiatan ini dibuat video pembentangan bendera,” katanya.

Media ini mencatat, selaku panitia pelaksana pembentangan Bendera Merah Putih di Tanjung Kajuwulu adalah anggota Maumere Dive  Community dengan Sekretariat bertempat di Jalan Nasional Maumere-Larantuka, Desa Watuliwung, Kecamatan Kangae. Ada pun susunan kepanitiaan  Susantri Florence Mandona (Ketua Panitia),  Elisabeth Maksensia (Sekretaris), Rachman Adhinugroho (Bendahara).

Ada pun anggota kepanitiaan yang juga anggota MDC yang menyukseskan kegiatan ini yakni M. Bitrul, Jupiter Bula, Emanuel Woda Bertho, Claudia Bonita Sikka Wati, Yohanes Fritz, Maria Ati Dua Lirong Leo Waldi, Agustinus Andi Dakus,  Oktavianus Koni, Inocensia L. Regi dan Maria Rosa Hariana Dja’a.

Untuk menyukseskan momen bersejarah ini, maka MCD melibatkan sejumlah komponen di Sikka di antaranya Lanal Maumere, Kodim 1603 Sikka, Perwakilan TNI Angkatan Udara, Polres Sikka, Polairud Maumere dan Brimob Kompi Pelopor B Maumere.*




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment